//

STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT HOME INDUSTRY SEKTOR PERIKANAN PASCA BENCANA TSUNAMI DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yulia Hastuti - Personal Name
SubjectECONOMIC CONDITIONS
DISASTER - SOCIAL SERVICES
FISHERIES - ECONOMICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Ilmu Kebencanaan Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Usaha pengolahan hasil perikanan yang berdomisili di wilayah pesisir Kota Banda Aceh merupakan salah satu usaha yang terkena dampak bencana tsunami pada tahun 2004. Bantuan program pemberdayaan yang diberikan oleh pemerintah maupun peran lembaga pembiayaan khususnya dalam pengembangan usaha mikro kecil dan menengah masih berfokus pada permodalan dengan fasilitas kredit/pinjaman, selain juga mendapatkan pembinaan personal dan pengembangan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bantuan program pemberdayaan masyarakat home industry terhadap keberhasilan usaha pengolahan hasil perikanan dan memformulasikan strategi pemberdayaan masyarakat home industry sektor perikanan pasca bencana tsunami di Kota Banda Aceh dengan menggunakan matrik SWOT dan QSPM berdasarkan matrik EFE dan matrik IFE. Jenis penelitian ini termasuk penelitian survey deskriptif dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, FGD, dokumentasi dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan program bantuan pemberdayaan masyarakat home industry pasca bencana tsunami berdasarkan parameter input, proses dan output tergolong cukup efektif. Efektivitas masing-masing skor adalah Bantuan Dinas Perikanan (BDP) 76,44%, Bantuan Lembaga Pembiayaan (BLP) 72,02%, serta Bantuan Dinas Perikanan dan Lembaga Pembiayaan (BDPLP) 71.73%. Sementara skor tertimbang matrik EFE sebesar 2,71 dan skor matrik IFE sebesar 2,61. Dari kedua titik tersebut didapatkan posisi bantuan program pemberdayaan masyarakat home industry pada matriks IE berada pada cell V yaitu hold and maintain. Strategi yang menjadi prioritas utama berdasarkan matriks QSPM adalah mengevalusi program dan bantuan dalam pengembangan diversifikasi usaha pengolahan ikan. Kata Kunci: Pemberdayaan masyarakat, bencana, home industry, EFE, IFE, SWOT, QSPM

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH DALAM MITIGASI BENCANA: PELAJARAN SOSIAL DARI BENCANA TSUNAMI (Putra Rizki Youlan Radhianto, 2017)

ANALISIS PERANAN SUB SEKTOR PERIKANAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI ACEH (AKHRI DIAN SUCI M, 2018)

KONTRIBUSI PDRB SUB SEKTOR PERIKANAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN ACEH TIMUR (FITRAH MAULANA BATU BARA, 2018)

KONDISI SOSIAL EKONOMI NELAYAN TRADISIONAL DI KECAMATAN MESJID RAYA ACEH BESAR PASCA BENCANA TSUNAMI (STUDI KASUS PEMUKIMAN LAMNGA) (M. RIZA PAHLEVI, 2017)

PERBANDINGAN KONTRIBUSI SEKTOR PERIKANAN LAUT DENGAN SEKTOR EKOSISTEM BAKAU PADA NELAYAN DI KOTA BANDA ACEH (R. Denny Syahputra, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy