//

pengaruh penambahan nutrisi gula dan amonium sulfat terhadap kualitas nata de soya

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang zurrahmah - Personal Name
SubjectBEVERAGES - COMMERCIAL PROCESSING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

PENGARUH PENAMBAHAN NUTRISI GULA DAN AMONIUM SULFAT TERHADAP KUALITAS NATA DE SOYA Effect of The Addition of Sugar and Ammonium Sulfate Nutrition On The Quality of Nata Soya Zurrahmah1 , Anshar Patria2 , dan Murna Muzaifa2 1Mahasiswa Fakultas Pertanian Unsyiah – Banda Aceh 2Staff Pengajar Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Unsyiah – Banda Aceh ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan limbah cair tahu menjadi produk yang lebih ekonomis berupa nata de soya. Penelitian ini menggunakan Rancangan acak lengkap (RAL), yang terdiri atas 2 faktor yaitu gula (6%, 8% dan 10%) dan amonium sulfat (0,3%, 0,5% dan 0,7%). Parameter yang diamati meliputi rendemen, ketebalan, analisis kuat tekan, serat kasar dan organoleptik. Hasil analisis menunjukkan bahwa konsentrasi gula dan amonium sulfat berbeda nyata terhadap rendemen, ketebalan, serat kasar,kuat tekan, dan organoleptik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsentrasi gula dan amonium sulfat berbeda nyata terhadap ketebalan, serat kasar, kuat tekan dan organoleptik dan tidak berbeda nyata terhadap rendemen nata de soya. Semakin tinggi konsentrasi gula dan amonium sulfat yang digunakan maka semakin tinggi rendemen, ketebalan, kuat tekan, serat kasar yang di hasilkan. Hasil terbaik diperoleh pada perlakuan konsentrasi gula 10% dan amonium sulfat 0,7%.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENAMBAHAN ABSORBAN ARANG AKTIF DAN LAMA WAKTU PENGENDAPAN WHEY TERHADAP KUALITAS NATA DE SOYA (Novi Riskadewi, 2015)

PENGARUH PERBANDINGAN PULP KERTAS BEKAS DAN NATA DE SOYA SERTA BAHAN PEREKAT DALAM PEMBUATAN KERTAS SENI (MUHAMMAD FAUZIE, 2016)

PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK KECAMBAH KACANG HIJAU DAN GULA TERHADAP KUALITAS NATA DE CORN (MISNALIA, 2018)

PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK KECAMBAH KACANG HIJAU DAN GULA TERHADAP KUALITAS NATA DE CORN (RIDA SIRTA DEWI, 2018)

KAJIAN PEMBUATAN NATA DE COFFEE DARI LIMBAH KULIT BUAH KOPI (COFFEA SP) DENGAN OPTIMASI KONSENTRASI GULA DAN LAMA TUNDA KULIT BUAH KOPI (adhinda dwi muthia s, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy