//

KEARIFAN LOKAL DALAM SKENARIO FILM “GARA-GARA MOTO KIJANG”

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rita Sriwahyuni - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: bentuk-bentuk kearifan lokal, skenario film Penelitian ini berjudul “Kearifan Lokal dalam Skenario Film Gara-Gara Moto Kijang”. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana bentuk-bentuk kearifan lokal dalam skenario film Gara-Gara Moto Kijang? Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah skenario film Gara-Gara Moto Kijang. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dan diklasifikasikan ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan bentuk kearifan lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skenario film Gara-Gara Moto Kijang memiliki bentuk-bentuk kearifan lokal sebagai berikut: (1) etos kerja, (2) ketabahan dalam menghadapi penderitaan hidup, (3) nilai kejujuran, (4) bakti anak kepada orang tua, (5) kepedulian terhadap sesama, (6) cinta tanah air dan bangsa, (7) musyawarah, (8) rendah hati, (9) ketaatan beribadah, (10) kepasrahan manusia terhadap kekuasaan Tuhan, dan (11) orientasi terhadap kebaikan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa bentuk kearifan lokal dalam skenario film Gara-Gara Moto Kijang mengandung nilai-nilai yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari pada umumnya. Skenario film Gara-Gara Moto Kijang ini menceritakan tentang kesabaran dan perjuangan seorang suami dalam menjalani bahtera rumah tangga.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGELOLAAN SUMBERDAYA PESISIR DAN LAUT MELALUI KEARIFAN LOKAL DI MUKIM MANE KECAMATAN MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA (Adli Waliul Perdana, 2016)

HUBUNGAN KEARIFAN LOKAL DENGAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI DI MASYARAKAT ACEH BESAR (Hendri Ardian Fikri, 2018)

KEARIFAN LOKALDALAM KUMPULAN DONGENG ISLAMI MENAKJUBKANKARYA BEBY HARYANTI DEWI (Tri Hartutik, 2016)

KEARIFAN LOKAL DALAM HIKAYAT PRANG COOMPEUNI (Rika Wahyuni, 2016)

PENERAPAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT DI ERA GLOBALISASIRN(SUATU PENELITIAN DI DESA LAMPASEH KRUENG KECAMATAN MONTASIK ACEH BESAR) (Dessi Ulandari, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy