//

PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MAN 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Darmawan - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : pemberian penguatan, motivasi belajar siswa Penelitian yang berjudul “Pengaruh Pemberian Penguatan (Reinforcement) terhadap Motivasi Belajar Siswa MAN 3 Banda Aceh” (suatu penelitian pada MAN 3 Banda Aceh) mengangkat masalah apakah pengaruh pemberian penguatan (reinforcement) terhadap motivasi belajar siswa MAN 3 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian penguatan (reinforcement) terhadap motivasi belajar siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa dan Guru MAN 3 Banda Aceh. Dengan menggunakan teknik sampling acak (Random Sampling), sampel yang diperoleh berjumlah satu kelas yaitu kelas XI MIA 1 berjumlah 31 siswa dan diikuti oleh 31 guru. Data dikumpulkan melalui angket yang bersifat tertutup dengan skala 1-5. Data penelitian dianalisis dengan analisis kuantitatif dengan menggunakan bantuan SPSS. Hasil uji regresi menunjukkan pengaruh pemberian penguatan (reinforcement) terhadap motivasi belajar siswa MAN 3 Banda Aceh, dilihat berdasarkan koefesien determinasi pada hasil analisis regresi (R2). Sumbangan yang dapat sebesar 0.634 atau 63 % % termasuk dalam kategori cukup besar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian penguatan (reinforcement) terhadap motivasi belajar siswa MAN 3 Banda Aceh. Berarti dari hasil analisi data dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan kata lain pemberian penguatan (reinforcement) mempengaruhi motivasi belajar siswa MAN 3 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) OLEH GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN UNGGUL LAMPEUNEURUT ACEH BESAR (Nur Achiar, 2015)

HUBUNGAN PEMBERIAN REINFORCEMENT DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA TSANAWIYAH DI DAYAH INSAN QURANI ACEH BESAR (Muntasir, 2018)

PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Widya Rafika Heldi, 2015)

HUBUNGAN REINFORCEMENT ORANG TUA DENGAN KEDISIPLINAN ANAK USIA SEKOLAH DI DESA BAET KECAMATAN BAITUSSALAM ACEH BESAR (ITA SAFARELA, 2014)

PERAN GURU DALAM PEMBERIAN PENGUATAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SDIK NURUL QURAN ACEH BESAR (Meti Herawati, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy