//

STUDI MORFOMETRIK DAN HUBUNGAN PANJANG BERAT DAN FAKTOR KONDISI FAMILI SERRANIDAE DI KAWASAN PERAIRAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Afriani Ramadhani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Afriana Ramadhani: Studi Morfometrik dan Hubungan Panjang Berat dan Faktor Kondisi Famili Serranidae yang Tertangkap di Perairan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar. Pembimbing I Prof. Dr. Muchlisin Z.A., S.Pi., M.Sc., Pembimbing II Prof. Dr. M.Ali. S., M.Si. Abstrak Penelitian ini bertujuan menganalisi pola pertumbuhan, fakor kondisi dan tingkat kekerabatan Famili Serranidae yang tertangkap di Perairan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar. Pengambilan data dilakukan pada Mei s.d September 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan memanfaatkan tangkapan nelayan di Perairan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar. Sampling dilakukan pada tempat pendaratan ikan di Uleelheu dan Ujong Pancu tempat hasil tangkapan nelayan Pulo Aceh. Analisis data morfometrik dengan tadisonal dan truss, panjang berat menggunakan Model Allometric Linear dan data ditansformasikan dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pola pertumbuhan masing-masing ikan dengan nilai b Plectropomus leopardus 2,6264, Plectropomus laevis 2,872, Plectropomus maculatus 3,064, Epinephelus fuscoguttatus 2,847 dan Epinephelus bleekeri 2,847. (2) Nilai karakter faktor kondisi secara umum berada diatas 100. (3) Kekerabatan ikan hasil tangkapan nelayan secara tradisional morfometrik dan truss morfometrik dapat mendeskriminan tiga kelompok. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Plectropomus leopardus, Plectropomus laevis, Epinephelus fuscoguttatus dan Epinephelus bleekeri memiliki pola pertumbuhan Allometrik negatif dan Plectropomus maculatus memiliki pola pertumbuhan Allometrik positif. (2) Faktor kondisi tertinggi pada ikan Plectropomus leopardus dan Plectropomus laevis dan terendah pada ikan Epinephelus fuscoguttatus. (3) Kekerabatan terdekat dapat terlihat pada karakter standar, panjang sirip dada, panjang sirip perut dan diameter mata untuk ikan Plectropomus laevis dan Epinephelus fuscoguttatus. Kata Kunci : Panjang Berat, Faktor Kondisi, Morfometrik, Famili Serranidae

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

REPRODUKSI IKAN TARGET, FAMILI SERRANIDAE, LUTJANIDAE, DAN CARANGIDAE DI PERAIRAN PULAU WEH, ACEH (IRFANNUR, 2013)

STRUKTUR KOMUNITAS IKAN PERAIRAN DEKAT SEAWALL DAN PERAIRAN ESTUARIA ULEE LHEUE KOTA BANDA ACEH (T. Rizza Mustari, 2016)

KEANEKARAGAMAN SPESIES TERUMBU KARANG (CORAL-REEF) DI KAWASAN PERAIRAN PANTAI LHOK KRUET KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (RIZKI IDASARI, 2015)

KAJIAN HUBUNGAN PANJANG BERAT DAN FAKTOR KONDISI IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) DAN IKAN BELANAK (MUGIL CEPHALUS) YANG TERTANGKAP DI SUNGAI MATANG GURU, KECAMATAN MADAT, KABUPATEN ACEH TIMUR (Zainal Muttaqin, 2016)

MORFOMETRIK DAN HUBUNGAN PANJANG BERAT IKAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI DANAU ANEUK LAOT KOTA SABANG (Auliyanisa Khayra, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy