//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KOMPONEN EKOSISTEM DI SMK KESEHATAN ASSYIFA SCHOOL BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Erlina - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains, hasil belajar peserta didik serta hubungan keterampilan proses sains dengan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran PBL berbasis lingkungan pada materi komponen ekosistem di SMK Kesehatan Assyifa School Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode pre-eksperimental dengan rancangan pretest posttest control design. Penelitian ini dilaksanakan pada satu kelas yaitu X-a Farmasi dengan jumlah 31 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi keterampilan proses sa ins dan tes hasil belajar peserta didik. Analisis data untuk keterampilan proses sains katagori pencapaian peserta didik adalah baik dan sangat baik, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan uji paired t-test dengan bantuan SPSS 18.0 for windows, dan untuk mengetahui hubungan keterampilan proses sains dan hasil belajar menggunakan rumus korelasi. Hasil penelitian menunjukkan untuk keterampilan proses sains peserta didik pada praktikum pertama yaitu 41,93% sangat baik dan 58,06% baik sedangkan pada praktikum kedua mengalami peningkatan yaitu 83,87% sangat baik dan 16,12 % baik. Hasil uji t untuk hasil belajar peserta didik menunjukkan t hitung = -28.540 < 0.05 dan hubungan antara keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik menunjukkan nilai r = 0.697. Disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik secara signifikan serta terdapat korelasi positif atau hubungan yang tinggi antara keterampilan proses sains dan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran PBL berbasis lingkungan di SMK Kesehatan Assyifa School Banda Aceh. Kata Kunci: PBL, Berbasis Lingkungan, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar, Komponen Ekosistem.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

“PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENUGASAN DAN KETRAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI MAN KABUPATEN BIREUEN” (Putri Liana, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENUGASAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI KABUPATEN BIREUEN (Putri Liana, 2018)

PEMANFAATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI MTSN RUKOH KOTA BANDA ACEH (Wahyu Rizki, 2017)

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM DI MTSN BANDA ACEH (AINOL MARDIYAH, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 DARUSSALAM (Cut Eka Parasamya, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy