//

SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SEKOLAH DASAR IT AL-AZHAR BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang INDRAWATI - Personal Name
SubjectTEACHING
SCHOOL SUPERVISION
PRINCIPALS (SCHOOL)
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SEKOLAH DASAR IT AL-AZHAR BANDA ACEH Oleh : Indrawati NPM: 1509200050067 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd. 2. Dr. Sakdiah Ibrahim, M. Pd. ABSTRAK Supervisi akademik merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk membantu guru mengembangkan kemampuannya dalam mengelola proses pembelajaran agar mampu mencapai tujuan pembelajaran. Kepala sekolah sebagai supervisor memiliki peran strategis dalam meningkatkan kemampuan profesional guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: penyusunan program supervisi akademik, pelaksanaan supervisi akademik, dan kendala yang ditemui dalam pelaksanaan supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi profesional guru pada Sekolah Dasar IT Al-Azhar Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru-guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi profesional guru disusun oleh kepala sekolah dan terdokumentasi, yang meliputi program kerja tahunan dan semesteran. Hal ini, berdampak positif terhadap keefektifan proses pembelajaran. Kepala sekolah sebagai supervisor tetap melaksanakan kegiatan supervisi, mengadakan pembinaan, membimbing, dan mengarahkan guru untuk peningkatan kemampuan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran; (2) Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah, mengarah pada upaya peningkatan kompetensi profesional guru. Kegiatan supervisi akademik yang dilaksanakan meliputi bimbingan kelas, observasi kelas, dan kunjungan kelas. Kegiatan ini berdampak positif bagi guru karena mampu meningkatkan motivasi mereka untuk senantiasa mempersiapkan perangkat pembelajaran sebelum mengajar; dan (3) Kendala yang ditemui dalam pelaksanaan supervisi akademik adalah keterbatasan waktu bagi kepala sekolah untuk melaksanakan program supervisi, masih ada sebagian kecil guru kurang mendukung kegiatan supervisi mengajar bila disupervisi oleh kepala sekolah untuk melihat proses pembelajaran yang dilakukannya. Kata kunci: Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, dan Profesional Guru

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SUPERVISI AKADEMIK KEPALASEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DISMA NEGERI I BLANG PIDIE (Jalisal Efendi, 2017)

SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SD NEGERI 66 BANDA ACEH (NURUL AINIE, 2018)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SD NEGERI 16 BANDA ACEH (IRAWATI, 2018)

KOMPETENSI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PADA SMA NEGERI I KUALA BATEE KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (AFRIADI, 2016)

KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN SUPERVISI PENGAJARAN DI SD NEGERI 4 PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN (Alfian, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy