//

PELAKSANAAN SUPERVISI MANAJERIAL OLEH PENGAWAS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SDN 3 PERCONTOHAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AGUSTINA ENDAH EKAWATY - Personal Name
SubjectSCHOOL SUPERVISION
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

PELAKSANAAN SUPERVISI MANAJERIAL OLEH PENGAWAS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SDN 3 PERCONTOHAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN Oleh:Agustina Endah Ekawaty NPM: 1509200050044 Komisi Pembimbing: 1. Dr. Khairuddin, M. Pd. 2. Dr. Sakdiah Ibrahim, M. Pd. ABSTRAK Pengawas sekolah berperan aktif dalam mewujudkan transformasi mutu pendidikan di sekolah binaannya. Supervisi manajerial oleh pengawas sekolah diselenggarakan untuk memberikan layanan kepada pengelola sekolah sehingga dapat menjalankan tugas secara efektif dan efisien demi tercapainya proses pembelajaran yang berkualitas. Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi manajerial dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN 3 Percontohan Peusangan Kabupaten Bireuen, melalui program, pelaksanaan supervisi manajerial, serta kendala yang dialami para pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi manajerial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah personil pengelola sekolah yang terdiri dari: kepala sekolah, guru, staf tata usaha, pustakawan, dan staf laboraturium komputer. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program supervisi manajerial memuat kegiatan pembinaan guru dan kepala sekolah, pemantauan pelaksanaan Standar Nasional Pendidikan (SNP), penilaian kinerja guru dan kepala sekolah, serta pembimbingan pelatihan guru dan kepala sekolah; (2) Pelaksanaan supervisi manajerial pengawas sekolah terdiri dari: memantau pelaksanaan SNP, menilai kinerja guru dan kepala sekolah, membina serta melatih guru maupun kepala sekolah. Kemudian, menindaklanjuti hasilpelaksanaan untuk meningkatkan mutu pendidikan; dan (3) kendala yang dihadapi yaitu pengawas sekolah memiliki keterbatasan pengetahuan terhadap kompetensi supervisi manajerial, staf pengelola sekolah tidak memenuhi standar kebutuhan yang disyaratkan baik secara kuantitas maupun kualitas keahlian, dan jadwal supervisi yang sering berbenturan dengan rapat kedinasan, pelatihan maupun kegiatan-kegiatan kedinasan lainnya. Kunci: Supevisi Manajerial, Pengawas Sekolah, dan Mutu Pendidikan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMP NEGERI 3RN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN (AINON MARDHIAH, 2014)

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN TUGAS PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SEKOLAH DASAR LINGKUNGAN UPTD SUKU I DISDIKPORA KOTA BANDA ACEH (Maisyarah Sulaiman, 2017)

KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN SUPERVISI PENGAJARAN DI SD NEGERI 4 PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN (Alfian, 2018)

MANAJEMEN PENGAWAS DALAM PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KOTA BANDA ACEH (NUR MUHAMMAD, 2013)

SUPERVISI AKADEMIK KEPALASEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DISMA NEGERI I BLANG PIDIE (Jalisal Efendi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy