//

PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MTSN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rifki Maqfirah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rifki Maqfirah (2017). Peningkatan Kemampuan Representasi dan Disposisi Matematis Siswa MTsN melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pembelajaran matematika yang kurang melibatkan siswa menyelesaikan masalah non-rutin mengakibatkan rendahnya kemampuan representasi matematis siswa. Seterusnya, kurangnya keterlibatan siswa selama pembelajaran matematika juga berakibat kepada rendahnya disposisi matematis siswa yang meliputi rasa percaya diri, keingintahuan serta kegigihan siswa dalam belajar matematika. Pembelajaran matematika dengan Model Problem Based Learning (PBL) dapat membantu siswa menumbuhkan kemampuan representasi dan disposisi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan representasi dan disposisi matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan menggunakan model PBL dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan desain Pre-test Post-tes Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Tungkop Aceh Besar, sedangkan sampel penelitian yaitu siswa kelas VII3 (kelas ekperimen) dan siswa kelas VII4 (kelas kontrol). Instrumen penelitian terdiri atas tes representasi matematis dan angket disposisi matematis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model PBL lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 2) disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model PBL lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional, dan 3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan representasi matematis dengan disposisi matematis siswa. Dengan demikian, diharapkan guru selalu berusaha meningkatkan kemampuan representasi maupun disposisi matematis siswa. Kata Kunci: Pembelajaran model problem based learning (PBL), Kemampuan representasi matematis, Disposisi matematis

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Nurul Fitri, 2016)

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR DI KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH (Rahmah, 2015)

PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Subarianto, 2017)

PURNAMA WITA, MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA SMA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NOVICK BERBANTUAN SOFTWARE GEOMETER’S SKETCHPAD (GSP) (Purnama Wita, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIR MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMPN 10 BANDA ACEH (Suci Putri Meilita, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.