//

PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MTSN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rifki Maqfirah - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
PROBLEM SOLVING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
STUDENTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rifki Maqfirah (2017). Peningkatan Kemampuan Representasi dan Disposisi Matematis Siswa MTsN melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pembelajaran matematika yang kurang melibatkan siswa menyelesaikan masalah non-rutin mengakibatkan rendahnya kemampuan representasi matematis siswa. Seterusnya, kurangnya keterlibatan siswa selama pembelajaran matematika juga berakibat kepada rendahnya disposisi matematis siswa yang meliputi rasa percaya diri, keingintahuan serta kegigihan siswa dalam belajar matematika. Pembelajaran matematika dengan Model Problem Based Learning (PBL) dapat membantu siswa menumbuhkan kemampuan representasi dan disposisi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan representasi dan disposisi matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan menggunakan model PBL dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan desain Pre-test Post-tes Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Tungkop Aceh Besar, sedangkan sampel penelitian yaitu siswa kelas VII3 (kelas ekperimen) dan siswa kelas VII4 (kelas kontrol). Instrumen penelitian terdiri atas tes representasi matematis dan angket disposisi matematis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model PBL lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 2) disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model PBL lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional, dan 3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan representasi matematis dengan disposisi matematis siswa. Dengan demikian, diharapkan guru selalu berusaha meningkatkan kemampuan representasi maupun disposisi matematis siswa. Kata Kunci: Pembelajaran model problem based learning (PBL), Kemampuan representasi matematis, Disposisi matematis

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Yuni Herdiana, 2018)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Nurul Fitri, 2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN SOFTWARE HOT POTATOES (FATIMAH NUR, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Subarianto, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Cut Masturi, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy