Search :

Advance


PERILAKU HARIAN BURUNG KUNTUL KECIL (EGRETTA GARZETTA) DI KAWASAN MANGROVE ALUE NAGA KOTA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizky Ahadi - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian perilaku harian burung kuntul kecil (Egretta garzetta) di Kawasan Mangrove Alue Naga Kota Banda Aceh dilakukan pada bulan Mei sampai dengan Juli 2016. Tujuan penelitian untuk mengetahuifrekuensi perilaku harian, perbedaan rentang waktu pada perilaku harian Egretta garzetta jantan-betina dan lokasi yang dipilih oleh Egretta garzetta di kawasan mangrove Alue Naga Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode focal animal sampling dengan mencatat seluruh perilaku harian. Pengolahan data melalui analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis frekuensi aktivitas harian, dilakukan dengan persentase harian. Hasil penelitian menunjukkan perilaku harian Egretta garzetta meliputi: aktivitas makan, aktivitas bertengger, aktivitas bersuara, aktivitas pindah, aktivitas menelisik bulu, aktivitas istirahat, dan aktivitas terbang. Aktivitas yang paling sering dilakukan Egretta garzetta yaitu berpindah tempat dengan frekuensi rata-rata 10 kali (26,7%) pada saat tidak ada aktivitas manusia, pada saat ada aktivitas manusiadengan frekuensi rata-rata 12 kali (31,9%). Aktivitas yang paling sedikit adalah bersuara dengan frekuensi rata-rata 1 kali (3,1%) saat tidak ada aktivitas manusia, dan pada saat ada aktivitas manusia dengan frekuensi 1 kali (3,2%). Aktivitas dengan rentang waktu tertinggi adalah pada betina yaitu aktivitas bertengger dan istirahat dengan masing-masing rata-rata selama 70 menit/hari (28%) dan 80 menit/hari (32%), dan rentang waktu paling rendah pada jantan dan betina adalah aktivitas bersuara dengan rata-rata selama 1 menit/hari (0,4%). Lokasi yang dipilih oleh Egretta garzetta untuk melakukan aktivitas harian di lokasi penelitian yaitu perairan berlumpur dangkal dengan kedalaman rata-rata sekitar 25 cm. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) terdapat 7 jenis aktivitas harian Egretta garzetta pada lokasi penelitian meliputi: makan, bertengger, bersuara, pindah, menelisik bulu, istirahat, dan terbang. Aktivitas yang paling sering dilakukan adalah aktivitas berpindah dan aktivitas yang paling sedikit adalah aktivitas bersuara, (2) aktivitas dengan rentang waktu tertinggi adalah pada betina yaitu aktivitas bertengger dan istirahat dengan masing-masing rata-rata selama 70 menit/hari (28%) dan 80 menit/hari (32%), dan rentang waktu paling rendah pada jantan dan betina adalah aktivitas bersuara dengan rata-rata selama 1 menit/hari (0,4%), dan (3) lokasi yang dipilih Egretta garzetta adalah area perairan berlumpur dangkal sebagai lokasi favorit untuk mencari makan. Kata Kunci: Egretta garzetta, perilaku harian, frekuensi aktivitas harian.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERILAKU HARIAN BURUNG KUNTUL KECIL (EGRETTA GARZETTA) DI KAWASAN MANGROVE ALUE NAGA KOTA BANDA ACEH (Rizky Ahadi, 2017)

DESKRIPSI LOKASI MAKAN (FEEDING SITE) TIGA SPESIES BURUNG KUNTUL DALAM KAWASAN KECAMATAN BAITUSSALAM DAN KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (ERSA FEBRIANA, 2014)

PERILAKU BERBIAK BURUNG KUNTUL KECIL (EGRETTA GARZETTA) DI DESA TIBANG, KOTA BANDA ACEH (Rachmat Wahid Churniadi, 2016)

AKTIVITAS MAKAN EGRETTA GARZETTA DI KAWASAN TAMBAK KECAMATAN BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE (Dewi Sarwani, 2014)

STUDI PARENTAL CARE BURUNG BANGAU KECIL (EGRETTA GARZETTA) DI KAWASAN TIBANG, KECAMATAN SYIAH KUALA, BANDA ACEH (MISBAHUL JANNAH, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.