Search :

Advance


PRODUKSI DAN KARAKTERISASI BAHAN BAKAR TERBAHARUI DARI SAMPAH PERKOTAAN (REFUSE DERIVED FUEL)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Phonna Dianda - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sebahagian besar kota di negara-negara berkembang menghadapi masalah serius dalam penanganan sampah perkotaan. Metode pengelolaan sampah perkotaan konvensional yang umum dilakukan menyebabkan dampak lingkungan, khususnya terkait dengan emisi gas rumah kaca (Green House Gas, GHG) dan lindi dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Di sisi lain, pemenuhan kebutuhan energi tidak sebanding dengan pesatnya pertumbuhan penduduk dan ekonomi karena kekurangan sumber daya alam. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi potensi pemanfaatan sampah perkotaan sebagai sumber bahan bakar terbaharui. Bahan bakar terbaharui dari sampah perkotaan biasa disebut sebagai Refuse Derived Fuel (RDF) diproduksi dengan menvariasikan kandungan sampah organik antara 0-80%, dan ukuran partikel 4, 6, 8 dan 12 mesh. Selanjutnya karakteristik RDF ditentukan berdasarkan proksimat dan ultimat analisis, serta uji nilai bakar untuk menentukan nilai kalor rendah (Low Heating Value, LHV). Dari hasil penelitian diketahui bahwa LHV tertinggi 7.016 kkal/kg diperoleh pada RDF dengan kandungan sampah organik sebesar 0% dan ukuran partikel sebesar 6 mesh. Dari data juga menunjukkan bahwa RDF dapat digunakan untuk mensubtitusi sebagian batubara dalam proses pembakaran utama dan kalsinasi industri semen dengan kandungan sampah organik masing-masing 60% dan 80%, dengan LHV sekitar 5.137 dan 4.542 kkal/kg. Kata kunci: sampah perkotaan, emisi gas rumah kaca, bahan bakar terbaharui, refuse derived fuel, negara-negara berkembang, Indonesia.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

OPTIMALISASI RUTE PENGANGKUTAN SAMPAH DI KOTA BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA (Muhammad Reza Pahlefi, 2017)

PRODUKSI DAUR ULANG SAMPAH NUSA CREATION COMMUNITY DI GAMPONG NUSA KECAMATAN LHOKNGA ACEH BESAR (Dwi Irsyanda, 2016)

PEMANFAATAN SAMPAH ANORGANIK SEBAGAI BAHAN MEMBUAT KARYA SENI KERAJINAN DI DESA ATEUK MUNJENG KOTA BANDA ACEH (Muhammad Ridha, 2014)

DETERMINAN DAN PROBABILITAS STATUS KEMISKINAN RUMAH TANGGA DI PROVINSI ACEH (Hendri Achmad Hudori, 2016)

KAJI EFISIENSI PEMANFAATAN ENERGI BAHAN BAKAR UNTUK KASUS PEREBUSAN AIR (Andi Subhan Syah Putra, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.