Search :

Advance


KEMAMPUAN CONCEPT MAPPING SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS X SMA NEGERI 11 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang TANIA FATHIA - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Fathia, Tania. 2017, Kemampuan Concept Mapping Siswa Pada Materi Persamaan Kuadrat Di Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Tuti Zubaidah, M.Pd. (2) Dra. Bintang Zaura, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan, Concept Mapping, Persamaan Kuadrat Pemahaman siswa pada materi persamaan kuadrat belum seperti yang diharapkan. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengetahui secara tepat pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan yaitu melalui concept mapping (peta konsep) yang dibuat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa menyusun concept mapping pada materi persamaan kuadrat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 21 siswa kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan siswa dalam menyusun concept mapping. Data dianalisis dengan teknik kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menyusun concept mapping pada materi persamaan kuadrat di kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh masih bervariasi. Seorang dari 21 siswa (4,76%) termasuk kategori sangat baik, 8 dari 21 siswa (38,09%) termasuk kategori baik, 4 dari 21 siswa (23,80%) termasuk kategori cukup, 4 dari 21 siswa (23,80%) termasuk kategori tidak baik, dan 2 dari 21 siswa (9,52%) termasuk kategori sangat tidak baik. Dengan kata lain, hanya seorang siswa yang dapat memenuhi setiap komponen concept mapping yang sahih. Delapan orang siswa dapat memenuhi komponen proposisi dan hirarki pada level sangat baik namun kurang dalam penggunaan kaitan silang. Empat orang siswa yang dapat memenuhi komponen proposisi dan hirarki pada level baik namun masih kurang menunjukkan lintas segmen dan kurang mencantumkan contoh. Empat orang siswa tidak dapat memenuhi kaitan silang dan tidak dilengkapi dengan contoh pada concept mappingnya serta masih ada dua orang siswa yang belum bisa membuat konsep-konsep secara hirarki sampai pada contohnya. Implikasi penelitian ini guru perlu membiasakan siswa membuat concept mapping (peta konsep) pada setiap materi yang diajarkan. Hal ini untuk melihat pemahaman materi siswa secara keseluruhan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMSRNGAMES TOURNAMENT (TGT) DAN CONCEPT MAPPING PADARNSISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKANRNHASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1RNDARUL IMARAH ACEH BESAR (Nova Maulita, 2014)

ANALISIS KESULITAN SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DIKELAS VIII MTSN LAM UJONG ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2016/2017 (Herni Maituty, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE CONCEPT MAPPING BERBANTU MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Hendri Husnizar, 2016)

PENDEKATAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI TERAPAN PERSAMAAN KUADRAT DAN FUNGSI KUADRAT DI KELAS X MAN DARUSSALAM ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Sylvia Novita, 2013)

KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH AUTENTIK PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016. (Delfi Aslinda, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.