//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA BERDASARKAN GENDER PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI STOIKIOMETRI MELALUI PENERAPAN SYSTEMATIC APPROACH TO PROBLEM SOLVING (SAPS) DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maya Wulandari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Kimia Berdasarkan Gender Peserta Didik Kelas X pada Materi Stoikiometri Melalui Penerapan Systematic Approach to Problem Solving (SAPS) di SMA Negeri 5 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia berdasarkan gender peserta didik kelas X, aktivitas belajar peserta didik laki-laki dan perempuan pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAPS, dan respon peserta didik laki-laki dan perempuan terhadap penerapan SAPS pada materi stoikiometri. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X MIA-2 yang terdiri dari peserta didik perempuan dan kelas X MIA-5 yang terdiri dari peserta didik laki-laki. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kausal-komparatif. Data penelitian diperoleh melalui soal essai untuk melihat hasil belajar, lembar aktivitas digunakan untuk mengukur aktivitas peserta didik dan angket disebarkan kepada peserta didik untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap pendekatan SAPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara peserta didik laki-laki dan perempuan. Hasil belajar peserta didik perempuan lebih baik yaitu sebesar 71,58% dibandingkan peserta didik laki-laki sebesar 47,94%. Hasil aktivitas belajar peserta didik perempuan yaitu 64,11%, sedangkan aktivitas peserta didik laki-laki sebesar 40,36%. Tanggapan peserta didik perempuan terhadap penerapan SAPS memberikan respon positif sebanyak 95,98% dan respon negatif sebanyak 4,01%, sedangkan peserta didik laki-laki memberikan respon positif sebanyak 73,95% dan respon negatif sebanyak 26,03%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN SYSTEMATIC APPROACH TO PROBLEM SOLVING(SAPS)PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI SMA NEGERI 1 INGIN JAYA (cut ernawati, 2014)

PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI HANDS ON PROBLEM SOLVING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA CAEH (Annisa Mustika, 2016)

PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN HANDS ON PROBLEM SOLVING PADA MATERI TABUNG KELAS IX SMP NEGERI 14 BANDA ACEH TAHUN 2017/2018 (Rosmidar Tinambunan, 2018)

PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM POSSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TETAPAN KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (Saidaturrahmi, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ PADA MATERI HAKIKAT ILMU KIMIA DI KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Viza Viranza, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy