//

KESANTUNAN BERBAHASA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI ULEE KARENG BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sri Putri Wulandari - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : kesantunan berbahasa, guru bahasa Indonesia, pembelajaran Penelitian yang berjudul “Kesantunan Berbahasa Guru dalam Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Ulee Kareng Banda Aceh” bertujuan mendeskripsikan kesantunan berbahasa guru dalam proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Ulee Kareng Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini diperoleh berdasarkan natural setting. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan dan teknik simak. Selanjutnya, sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan guru dalam proses pembelajaran secara lisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran guru berbahasa dengan santun sesuai dengan maksim kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, pemufakatan, kesederhanaan, dan kesimpatisan. Dari keenam maksim tersebut yang sering muncul adalah maksim kebijaksanaan. Hal tersebut tampak pada saat guru memberikan tugas, menjelaskan materi, menegur siswa, dan saat kegiatan lainnya di dalam kelas. Tuturan guru memiliki kesantunan berbahasa yang baik. Semua guru menunjukkan sikap berbahasa yang baik di depan semua siswanya pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TELAAH KESANTUNAN BERBAHASA GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI BANDA ACEH (Sridawati, 2014)

KEBERADAAN FASILITAS DAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKANRNJASMANI OLAH RAGA DAN KESEHATAN DI MADRASAHRNIBTIDAIYAH NEGERI SE-KECAMATAN SUKAMAKMURRNKABUPATEN ACEH BESARRNTAHUN 2012/2013 (Didi Andika, 2014)

KESANTUNAN TINDAK TUTUR GURU MADRASAH ALIYAH RUHUL ISLAM ANAK BANGSA DALAM PEMBELAJARAN (Maulidawati, 2017)

ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA DALAM MASYARAKAT DI KOTA SABANG (Siti Maisarah, 2016)

PERSEPSI GURU NON PENJASORKES TERHADAP KEDISIPLINAN GURU PENJASORKES PADA SD NEGERI SE-KECAMATAN ULEE KARENG TAHUN 2016/2017 (Ariffiansyah, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy