Search :

Advance


FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI GAROT GEUCEU ACEH BESAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ridha Sabrina - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sabrina, Ridha. 2017. Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Fauzi, M.Pd, (2) Drs. M. Yamin, M.Ed Kata Kunci: Penyebab rendahnya motivasi belajar, proses pembelajaran matematika Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang ikut menentukan keberhasilan siswa. Semakin tinggi motivasi yang dimiliki siswa akan mendorong siswa untuk belajar lebih giat lagi dan frekuensi belajarnya menjadi meningkat. Tetapi, kuat lemahnya motivasi seseorang berbeda, hal ini dipengaruhi oleh faktor cita-cita atau aspirasi, kemampuan siswa, kondisi siswa, kondisi lingkungan siswa, unsur-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran dan upaya guru dalam membelajarkan siswa. Penelitian ini mengangkat masalah mengenai faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar?. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket yang dibagikan kepada seluruh siswa kelas V yang berjumlah 22 siswa, observasi kegiatan guru dan siswa dalam proses pembelajaran matematika dan wawancara siswa kelas V yang berjumlah 22 siswa. Selanjutnya seluruh data diolah dengan tahapan analisis data kualitatif yaitu mereduksi data, mendeskripsikan data, penarikan/verifikasi kesimpulan dan persentase. Berdasarkan hasil analisis data, temuan penelitian ini dapat dikemukakan bahwa yang menjadi faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar ada tiga, yaitu: (1) kemampuan siswa, (2) kondisi lingkungan siswa, dan (3) upaya guru dalam membelajarkan siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Kartika Sarah, 2015)

MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017 (YENNY SAFRINA, 2017)

PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS IV SD NEGERI GAROT ACEH BESAR (Maulijar, 2015)

KETERKAITAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KUTA BARO ACEH BESAR (Asmareni, 2014)

PENINGKATAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Jul Siga Putra, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.