Search :

Advance


ANALISIS TEMA DAN AMANAT CERITA PENDEK DALAM HARIAN SERAMBI INDONESIA TAHUN 2015

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rinadara Andita Damayanti - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: cerpen, tema, amanat Penelitian yang berjudul “Analisis Tema dan Amanat Cerita Pendek dalam harian Serambi Indonesia tahun 2015” ini mengangkat masalah (1) bagaimanakah tema cerpen dalam harian Serambi Indonesia tahun 2015? (2) bagaimanakah amanat cerpen dalam harian Serambi Indonesia tahun 2015? Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tema-tema yang terdapat dalam cerpen harian Serambi Indonesia tahun 2015, (2) mendeskripsikan amanat-amanat yang terkandung dalam cerpen harian Serambi Indonesia tahun 2015. Data penelitian ini diperoleh dari cerpen-cerpen yang diterbitkan pada bulan Januari sampai bulan Desember. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tema yang paling dominan dalam kumpulan cerpen yang dimuat dalam harian Serambi Indonesia, yaitu tema tingkat egois sebanyak 18 cerpen yang menduduki tingkatan tema tersebut dan tingkat sosial sebanyak 17 cerpen yang menduduki teingkatan tema tersebut, sedangkan tema tingkat divine sebanyak 7 cerpen yang menduduki tingkatannya, tingkat organik sebanyak 2 cerpen yang mendudukinya, dan tingkat fisik sebanyak 2 cerpen yang mendudukinya; (2) amanat yang disampaikan dalam cerpen-cerpen berupa (a) jangan sekali-kali mempermainkan agama demi mewujudkan tujuan yang buruk dan tidak berlandaskan pada keikhlasan diri, (b) janganlah memliki sifat serakah, karena keserakahaan akan membawa malapetaka kepada dirimu sendiri, (c) jika kita mencintai seseorang janganlah terlalu berlebihan, cukup sekedarnya saja. Karena cinta seseorang itu bukan cinta yang hakiki, bukan segala-galanya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS STRUKTUR BATIN DALAM PUISI HARIAN SERAMBI INDONESIA TAHUN 2015 (Faiza Zuliani ZN, 2016)

PENGARUH PEMBERITAAN PEMILIHAN PRESIDEN PADA RUBRIK SERAMBI ELECTION HARIAN SERAMBI INDONESIA TERHADAP PARTISIPASI POLITIK (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Ayu Haryati, 2016)

PERKEMBANGAN SURAT KABAR SERAMBI INDONESIA (1989-2015) (Chaerol Riezal , 2016)

PERAN HARIAN SERAMBI INDONESIA MENJALANKAN FUNGSI KONTROL SOSIAL TERHADAP LAHIRNYA QANUN NOMOR 17 TAHUN 2013 TENTANG KOMISI KEBENARAN DAN REKONSILIASI (KKR) ACEH (Rachmad Ramadhani, 2016)

ANALISIS BENTUK-BENTUK PENYIASATAN STRUKTUR DALAM PUISI- PUISI PUBLIKASI HARIAN SERAMBI INDONESIA 2016 (MELLA YUNATI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.