Search :

Advance


MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YENNY SAFRINA - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Safrina, Yenny. Motivasi Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Quantum Teaching di Kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Yuhasriati, M.Pd., (2) Suhartati, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: motivasi belajar, hasil belajar, matematika, Quantum Teaching. Motivasi merupakan salah satu faktor yang sangat dibutuhkan oleh siswa sebagai langkah awal dalam pembelajaran untuk mendapatkan hasil belajar yang baik, kenyataannya motivasi siswa dalam belajar matematika masih rendah. Model Quantum Teaching diharapkan dapat membantu guru memotivasi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kategori motivasi belajar matematika siswa melalui penerapan model Quantum Teaching di kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh. Penelitian ini juga dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-6 yang terdiri atas 29 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi siswa berupa angket, sedangkan hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 17 siswa (58,62%) dengan kategori motivasi sedang dan 12 siswa (41,38%) dengan kategori motivasi tinggi melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa motivasi memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Implikasi penelitian ini, guru dapat meluaskan pelaksanaan model pembelajaran Quantum Teaching pada materi matematika lainnya untuk menumbuhkan motivasi dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH (Khana Silva Rezeka Hasan, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Mika Rona Adilla, 2017)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REACT DAN QUANTUM TEACHING DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Amalia Husna, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII-8 SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (NAZARIATUN NAJMI, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING DAN NON QUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 3 PEUREULAK (Iqbal Khadafi Phonna, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.