//

PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI MULTIPLE INTELLIGENCES

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Risma Riza - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Risma Riza Berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu suatu kemampuan untuk melihat hubungan antara unsur baru dengan unsur sebelumnya. Proses berpikir kreatif masih kurang mendapatkan perhatian dalam pendidikan matematika. Selama ini pembelajaran matematika di Indonesia lebih terfokus kepada hasil akhir dan siswa kurang dilibatkan dalam proses berpikir kreatif. Setiap siswa mempunyai cara berpikir kreatif yang berbeda ketika menyelesaikan masalah, hal ini dikarenakan setiap siswa terlahir dengan fitrah yang berbeda sehingga memiliki jenis kecerdasan yang berbeda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu tujuh siswa yang dipilih dari kelas IX-5 dan IX-6 SMP Negeri 6 Banda Aceh yang mewakili tujuh jenis intelligence menurut Gardner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau berdasarkan multiple intelligences. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, selanjutnya dilakukan wawancara pada saat siswa mengerjakan tes dan setelah siswa mengerjakan tes. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika materi bangun ruang sisi datar berdasarkan multiple intelligences yaitu subjek dengan intelligence logis-matematika paling baik dalam memenuhi keempat tahapan proses berpikir kreatif yaitu tahap persiapan, inkubasi, iluminasi dan verifikasi. Subjek dengan intelligence logis-matematika juga mampu memenuhi ketiga indikator berpikir kreatif kelancaran Kata kunci : Berpikir kreatif, Proses berpikir kreatif, Multiple intelligences

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (Rika Silviani, 2017)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Siska Adilla, 2017)

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA DALAM MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CHALLENGE BASED LEARNING (HAYATUN NUFUS, 2018)

PERKEMBANGAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI ELPSA FRAMEWORK DI SMP (NURHALIMAH, 2016)

TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMECAHAN DAN PENGAJUAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI TIPE SOAL OPEN ENDED DI SMP (Rahmawati, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy