Search :

Advance


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COMPUTER-ASSISTED INSTRUCTION(CAI) BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI TRANSFORMASI KELAS VIII

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Teuku Irfan - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: model pembelajaran Computer-Assisted Instruction(CAI), hasil belajar Pesatnya perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi (information and communication technology/ICT) telah mengubah model dan pola pembelajaran pada dunia pendidikan, Salah satu model pembelajaran yang relevan ialah Computer-Assisted Instruction(CAI). Computer Assisted Instruction (CAI) merupakan pengembangan daripada teknologi informasi terpadu yaitu komunikasi (interaktif), audio, video, penampilan citra (image) yang dikemas dengan sebutan teknologi multimedia. Computer Assisted Instruction (CAI) mencakup penggunaan komputer yang berhubungan secara langsung dengan siswa maupun pendidik. Macromedia flash 8 merupakan software aplikasi komputer yang dapat mendukung siswa untuk berinteraksi dengan aktif dan dapat digunakan siswa sebagai media pembelajaran matematika khususnya pada materi geometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Computer-Assisted Instruction(CAI) dan yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 15 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017 pada semester genap. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Eksperimental Design dengan desain Pre-test dan Post-test Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Banda Aceh dan kelas VIII.1 serta VIII.2 sebagai sampel yang dipilih secara acak.Data diperoleh melalui hasil pre-test dan post-test hasil belajar siswa selama dilakukan penelitian. Analisis data dilakukan dengan statistik uji-t satu pihak yaitu pihak kanan pada taraf signifikan α = 0.05 dan derajat kebebasan (dk) = 38. Berdasakan hasil pengolahan data diperoleh nilai thitung= 3,029 dan ttabel= 1,725 atau t_hitung> t_(tabel ) yaitu 3,029 > 1,725, hal ini berarti H_0 ditolak dan H_1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan Computer-Assisted Instruction(CAI) lebih baik daripada yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Nurhidayati, 2017)

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION(CAI) PADA MATERIFUNGSIKUADRAT DI KELAS XSMA N 5 BANDA ACEH (RIZKI WANBAKTI, 2016)

PENGARUH PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI HUKUM GRAVITASI NEWTON DI MAN 3 BANDA ACEH (Riska Salfianti, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMPN 2 BANDA ACEH (Raihan Zakia, 2017)

PROSES PEMBELAJARAN PEMBUATAN KERAJINAN TANGAN DARI BAHAN LIMBAH BOTOL AQUA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DI MTSN 1 SIMPANG ULIM KABUPATEN ACEH TIMUR (RAFIQA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.