//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COMPUTER-ASSISTED INSTRUCTION(CAI) BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI TRANSFORMASI KELAS VIII

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Teuku Irfan - Personal Name
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: model pembelajaran Computer-Assisted Instruction(CAI), hasil belajar Pesatnya perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi (information and communication technology/ICT) telah mengubah model dan pola pembelajaran pada dunia pendidikan, Salah satu model pembelajaran yang relevan ialah Computer-Assisted Instruction(CAI). Computer Assisted Instruction (CAI) merupakan pengembangan daripada teknologi informasi terpadu yaitu komunikasi (interaktif), audio, video, penampilan citra (image) yang dikemas dengan sebutan teknologi multimedia. Computer Assisted Instruction (CAI) mencakup penggunaan komputer yang berhubungan secara langsung dengan siswa maupun pendidik. Macromedia flash 8 merupakan software aplikasi komputer yang dapat mendukung siswa untuk berinteraksi dengan aktif dan dapat digunakan siswa sebagai media pembelajaran matematika khususnya pada materi geometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Computer-Assisted Instruction(CAI) dan yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 15 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017 pada semester genap. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Eksperimental Design dengan desain Pre-test dan Post-test Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Banda Aceh dan kelas VIII.1 serta VIII.2 sebagai sampel yang dipilih secara acak.Data diperoleh melalui hasil pre-test dan post-test hasil belajar siswa selama dilakukan penelitian. Analisis data dilakukan dengan statistik uji-t satu pihak yaitu pihak kanan pada taraf signifikan α = 0.05 dan derajat kebebasan (dk) = 38. Berdasakan hasil pengolahan data diperoleh nilai thitung= 3,029 dan ttabel= 1,725 atau t_hitung> t_(tabel ) yaitu 3,029 > 1,725, hal ini berarti H_0 ditolak dan H_1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan Computer-Assisted Instruction(CAI) lebih baik daripada yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PLAYER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Fahrina, 2018)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH 8 (Ulfanuriza, 2018)

HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA SMAIT AL FITYAN SCHOOL ACEH PADA MATERI TRIGONOMETRI MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH (Zulfikar, 2018)

PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Nurhidayati, 2017)

PEMBELAJARAN MATERI GEOMETRI TRANSFORMASI DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN GEOGEBRA (YULINAR SAFITRI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy