//

ANALISIS EFISIENSI PEMBAKARAN TEPUNG BATUBARA PADA BOILER DI PLTU NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syurfatusy Syakbani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Boiler adalah alat yang berfungsi untuk memanaskan air dengan menggunakan panas dari hasil pembakaran bahan bakar, panas hasil pembakaran selanjutnya dialirkan ke air sehingga menghasilkan uap. Boiler yang digunakan pada PLTU Nagan Raya adalah Wuxi Huaguan Boiler Co, Ltd Tipe : Ug-430/9.8-M. dengan kapasitas uap sebesar 430.000 kg/jam, temperatur output steam 5400C, tekanan output steam 9,8 Mpa, dan kapasitas pembangkit listrik adalah 2 x 110 MW. Didalam penilitian ini ada dua metode yang digunakan untuk menentukan efisiensi yaitu metode langsung dan tidak langsung. Dari hasil perhitungan maka diperoleh nilai kebutuhan bahan bakar sebesar 64448,86 kg/jam, berat udara aktual 8,625 kg/kg bb, persentase kelebihan udara 50%, temperatur pembakaran teoritis 4970C, persentase kehilangan panas yang diakibatkan oleh gas buang yang kering 3,78 kg/kg bb, kehilangan panas karena penguapan air karena adanya H2 dalam bahan bakar 0,61%, kehilangan panas karena penguapan kadar air dalam bahan bakar 0,55%, kehilangan panas karena kadar air dalam udara 1,90%, kehilangan panas radiasi dan kehilangan lain yang tidak terhitung 7,97%. Dari perhitungan efisiensi dengan metode langsung didapat sebesar 85,14% dan dengan metode tidak langsung di dapat sebesar 87,07%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGONTROLAN KUANTITAS DAN KUALITAS BATUBARA OLEH PT.SURVEYOR INDONESIA (PERSERO) DI PLTU NAGAN RAYA, ACEH (Muhammad Andry Pratama, 2018)

ANALISIS EFISIENSI PEMBAKARAN TEPUNG BATUBARA PADA BOILER DI PLTU NAGAN RAYA (Syurfatusy Syakbani, 2017)

KAJIAN TERHADAP OPTIMASI SISTEM PLTU NAGAN RAYA DENGAN MENGGUNAKAN FEEDWATER HEATER (REZA ANDIKA MAYANA, 2018)

PENDEKATAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS UNTUK ANALISIS KEGAGALAN PIPA BOILER PADA PLTU NAGAN RAYA (Qamarullah, 2015)

ANALISA UNJUK KERJA BOILER FEED PUMP KAPASITAS 534 M^3/H TEKANAN 9 MPA DI PT. PLN SEKTOR NAGAN RAYA (M. Yusuf, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy