Search :

Advance


OPTIMASI PELEPASAN CO2 MENGGUNAKAN PENYERAP MDEA DAN AKTIVATOR PIPERAZINE DENGAN METODE MODIFIKASI RESPONSE SURFACE

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Safwat Ardi - Personal Name
Subyek STATISTICAL MATHEMATICS
ABSORPTION - CHEMICAL ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Absorbsi merupakan salah satu proses pemisahan suatu bagian fluida dari campurannya dengan menggunakan solven ataupun fluida lain. Absorbsi biasanya dapat terjadi pada fluida yang berkonsentrasi rendah ataupun yang bersifat konsentrat. Peristiwa absorbsi merupakan salah satu peristiwa perpindahan massa yang cukup banyak digunakan di dunia industri. Di PT Pupuk Iskandar Muda (PIM), proses absorbsi dilakukan untuk menyerap gas karbon dioksida (CO2) dari syngas untuk dimurnikan sebagai bahan baku pembuatan pupuk urea. Kemurnian CO2 sangat dipengaruhi oleh proses absorbsi, mulai dari temperatur dan tekanan operasi sampai konsentrasi dari bahan penyerap yang dalam hal ini digunakan MDEA yang telah diaktivasi dengan piperazine. Karena kemurnian CO2 sebagai syarat yang diterima pabrik urea cukup tinggi, yakni 99% volume maka semua kondisi operasi harus dijaga dan disesuaikan seoptimal mungkin, oleh karena itulah diperlukan adanya sebuah formula yang bisa mendapatkan kondisi operasi yang optimal pada proses absorbsi dan pelepasan CO2. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan formulasi dalam perhitungan kemurnian CO2 pada unit Main CO2 Removal (MCR) pabrik ammonia PIM-2 dan mendapatkan parameter operasi yang optimum untuk mendapatkan kemurnian CO2 yang diinginkan. Penelitian akan menggunakan software engineering design expert dengan metode response surface yang akan dilakukan di PT Pupuk Iskandar Muda, Aceh Utara. Penelitian ini diharapkan memperoleh formulasi yang optimal sesuai design pabrik pada unit MCR sehingga dapat menjadi rujukan dalam operasionalnya yang pada akhirnya dapat meningkatkan efisiensi pabrik. Kata kunci: Absorbsi, kemurnian CO2, response surface, optimasi, efisiensi pabrik

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

OPTIMASI KONDISI EKSTRAKSI GELATIN DARI TULANG DAN KULIT IKAN LEUBIM HITAM (CHANTHIDERMIS MACULATA) (Suji Edwar, 2016)

OPTIMASI PROSES EKSTRAKSI GELATIN DARI LIMBAH IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) DENGAN PENDEKATAN RESPONSE SURFACE METHODOLOGY (Aisyah Aida Renika, 2016)

PEMBUATAN KARBON AKTIF DARI AMPAS KOPI DENGAN AKTIVASI KIMIA MENGGUNAKAN ZNCL2, H3PO4, DAN KOH (Tomi Mukhtar, 2014)

OPTIMASI AKTIVITAS SELULASE PADA SUBSTRAT DEDAK PADI DENGAN VARIASI AIR KELAPA, UREA DAN INOKULUM TRICHODERMA HAMATUM WSY-03 (Furqan Rahmat W, 2014)

OPTIMALISASI RANGKAIAN ALAT BONGKAR, ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PENAMBANGAN BATUGAMPING DI QUARRY SAWANGAN PT SINAR TAMBANG ARTHALESTARI (SEMEN BIMA) (Mohd Prieska H A, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.