Search :

Advance


STUDI PERBAIKAN PERFORMANSI MULTILEVEL INVERTER SATU FASA TUJUH TINGKAT DENGAN METODE SPWM MODIFIKASI

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Effendi - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Rangkaian Multilevel inverter (MLI) secara umum bertujuan untuk menghasilkan gelombang luaran yang mendekati gelombang sinusoidal dengan memanfaatkan tegangan sumber DC dari beberapa level sehingga gelombang luaran berbentuk seperti gelombang tangga. Prototipe MLI satu fasa tujuh tingkat pada penelitian ini dibangun dengan menggunakan tiga buah sumber DC bebas berupa baterai 9 Volt yang disusun secara seri, dimana masing-masing baterai dipisahkan oleh MOSFET yang difungsikan sebagai saklar serta menggunakan tiga buah dioda, selanjutnya dihubungkan dengan satu buah rangkaian H-Bridge untuk menghasilkan arus bolak-balik pada sisi beban. Rangkaian pensaklaran MOSFET menggunakan komponen elektronika analog dan digital berupa operational amplifier, gerbang AND, OR, NOT, dan TLP250 yang berfungsi untuk mengaktifkan masing-masing gate MOSFET pada rangkaian daya. Dengan memodifikasi metode SPWM (Pulse Width Modulation) MLI ini dapat bekerja dengan gelombang carrier yang tidak memiliki frekuensi. Adapun jumlah carrier yang digunakan sebanyak tiga buah berupa tegangan DC 1,5 Volt, 4,5 Volt dan 7,5 Volt serta menggunakan gelombang referensi sinusoidal yang bersumber dari gelombang PLN, hal ini bertujuan untuk menghasilkan pola pergerakan atau sudut fasa dan frekuensi yang sama dengan gelombang tegangan yang dihasilkan oleh PLN. Sementara pada penelitian terdahulu menggunakan gelombang carrier berbentuk segitiga yang memiliki frekuensi dan berjumlah sebanyak enam buah. Prototipe MLI ini mampu menghasilkan THD sebesar 11,1% serta efisiensi sebesar 92,8 % dimana nilai THD dan efisiensi ini lebih baik dari pada penelitian sebelumnya. Kata Kunci : Gelombang Referensi, Gelombang Carrier, Multilevel Inverter, THD, efisiensi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DESAIN SINKRONISASI INVERTER PADA GRID SATU FASA METODE ZERO CROSSING (Ramona Safitri, 2016)

ANALISIS KARAKTERISTIK MOTOR INDUKSI YANG DISUPLAI DARI CURRENT SOURCE INVERTER (CSI) PADA KEADAAN STEADY STATE (DEWI AGUSTINA, 2013)

RANGKAIAN INVERTER 220 VOLT DENGAN MENGGUNAKAN AKI BATERAI SEPEDA MOTOR (ASHARI THAHIR, 2014)

STUDI KESEIMBANGAN BEBAN PADA INSTALASI LISTRIK DI GEDUNG RISET TSUNAMI (ikrul sadri, 2014)

PERBANDINGAN PERFORMANSI CLUSTER LOAD BALANCING PADA WEB SERVER VIRTUAL DENGAN WEB SERVER FISIK (Aufa Nur Istiqlal, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.