Search :

Advance


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DIPADU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI MADRASAH ALIYAH KOTA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FAZRINA - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Fazrina. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dipadu Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di Madrasah Aliyah Kota Banda Aceh. Pembimbing I Dr. Khairil, M.Si,. Pembimbing II Dr. Ismul Huda, M.Si. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning dipadu media audio visual terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Pengambilan data dilakukan pada bulan Februari sampai Maret 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan the matching only pretes posttest control grup design dengan sampel 110 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi untuk melihat motivasi belajar siswa dan tes untuk menilai hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan uji Mann Withney U pada taraf signifikan 0,05. Hasil uji Mann Withney U pada hasil belajar menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan untuk motivasi belajar Sig. (2-tailed) 0,044< 0,05. Simpulan model pembelajaran discovery learning dipadu media audio visual berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada materi sistem ekskresi di Madrasah Aliyah Kota Banda Aceh. . Kata Kunci: Discovery Learning, Audio Visual, Hasil Belajar, Motivasi Belajar. Fazrina. 2017. Application of Learning Model Discovery Learning Combined Audio Visual Media on Learning Outcomes and Student Motivation on material Excretion system in Madrasah Aliyah Banda Aceh. Supervisor I Dr. Khairil, M.Si ,. Supervisor II Dr. Ismul Huda, M.Sc. ABSTRACT This study aims to determine the effect of application learning model discovery learning combined audio-visual media on learning outcomes and student motivation on material excretory system. Data were collected in February until March 2017. The method used in this study is quasi-experimental design with the matching only pretest posttest control group design with sample 110 students. The research was conducted at experimental class and control class. The instrument used was a questionnaire motivation to see the students' motivation and tests to assess student learning outcomes. Analysis of data using test Mann Whitney U at significant level 0.05. The results showed Sig. (2-tailed) 0.000

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DIPADU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM ENDOKRIN DI MAS BABUN NAJAH BANDA ACEH (Dewi Erianti, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Isra Wulan Sari, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, MOTIVASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JAMUR DI SMA NEGERI 3 MEDAN (Salmaniah, 2016)

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH TGK. CHIK OEMAR DIYAN ACEH BESAR (Desi Heryani SZ, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH DARUL ‘ULUM BANDA ACEH (ROSMANIDAR, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.