Search :

Advance


FAKTOR KETERLAMBATAN PELAKSANAAN PROYEK DITINJAU DARI WAKTU PELAKSANAAN DI PROVINSI ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD SULAIMAN - Personal Name
Subyek ESTIMATES - BUILDING CONSTRUCTION
CONSTRUCTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pembangunan proyek konstruksi di seluruh daerah terus dikembangkan agar terciptanya fasilitas-fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Jika dilihat fenomena yang terjadi saat ini, masih banyak proyek konstruksi di berbagai daerah mengalami permasalahan, yaitu terjadinya keterlambatan dalam proses pembangunan proyek konstruksi. Keterlambatan proyek hampir terjadi setiap tahun dan ini mengakibatkan kerugian yang besar bagi pengguna jasa dan penyedia jasa baik dari segi finansial maupun waktu. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan diatas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlambatan pelaksanaan proyek yang ditinjau dari waktu pelaksanaan dan menganalisis hubungan faktor-faktor penyebab keterlambatan Proyek Konstruksi di Aceh. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan teknik kuantitatif dan kualitatif, sedangkan sampel penelitian dengan menggunakan purposive sampling yaitu teknik penentuan dengan pertimbangan yang memenuhi kriteria-kriteria yang mengerti tentang teknik konstruksi dan paham dengan permasalahan yang terjadi. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang bersifat tertutup dengan pengolahan dari setiap jawaban responden menggunakan teknik skala likert. Adapun yang menjadi sampel penelitian sebanyak 36 orang dan 1 orang wawancara. Pengolahan data menggunakan analisis reliabilitas, validitas dan analisis frequency index. Hasil analisis ini diketahui faktor utama sampai terendah penyebab keterlambatan pelaksanaan proyek masing-masing adalah aspek terlambatnya lelang rangking 1 dengan nilai frekuensi indek 95%, aspek waktu pelaksanaan rangking 2 nilai frekunsi indek 91%, dan aspek pelaksanaan terlambat rangking 3 nilai frekunsi indek 90%. Kajian penyebab keterlambatan pelaksanaan proyek ini disarankan kepada pihak-pihak yang terlibat dalam konstruksi agar dapat lebih memperhatikan lagi faktor-faktor yang dapat berpengaruh dalam pelaksanaan pekerjaan proyek agar hal-hal yang tidak diharapkan seperti keterlambatan pelaksanaan proyek dapat mengendalikan keterlambatan proyek secara efektif dan efisien Kata kunci: keterlambatan, waktu pelaksanaan, proyek konstruksi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR KETERLAMBATAN PELAKSANAAN PROYEK DITINJAU DARI WAKTU PELAKSANAAN DI PROVINSI ACEH (MUHAMMAD SULAIMAN, 2017)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERLAMBATAN WAKTU PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI DI KOTA BANDA ACEH (Rizki Aryanda, 2016)

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PADA PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG (STUDI KASUS PADA DINAS CIPTA KARYA WILAYAH KERJA KOTA BANDA ACEH) (Ilham Fadhillah Srg, 2016)

ANALISA WAKTU PEMBANGUNAN GEDUNG KULIAH BARU FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHAP III DENGAN MENGGUNAKAN CRITICAL PATH METHOD (CPM) (Shyntia Cikita Makhfirah, 2016)

STUDI FAKTOR TENAGA KERJA, MATERIAL DAN PERALATAN SEBAGAI PENYEBAB KETERLAMBATAN PEKERJAAN PROYEK KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN DI KOTA SUBULUSSALAM (Syahru Ramadhan, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.