Search :

Advance


ANALISIS KESEIMBANGAN FLUKTUASI NILAI TUKAR RUPIAH DALAM PEREKONOMIAN TERBUKA INDONESIA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Juanda - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keseimbangan jangka panjang diantara (KURS), inflasi (INF), Foreign Direct Investment (FDI), Suku Bunga Bank Indonesia (SBI), dan Derajat Keterbukaan Ekonomi (DKE) dalam perekonomian terbuka Indonesia dengan menggunakan data time series periode 1998:1-2016:4. Model Autoreggressive Distribured Lag (ARDL) digunakan untuk melihat pengaruh diantara variabel-variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keseimbangan jangka panjang fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat yang dipengaruhi oleh variabel inflasi dan SBI yang berkorelasi negatif dengan kurs. Sedangkan variabel FDI dan derajat keterbukaan ekonomi berkorelasi positif dengan kurs. Derajat keterbukaan ekonomi, inflasi, FDI menyebabkan terjadinya fluktuasi atas nilai tukar secara signifikan dalam jangka pendek. Dalam jangka panjang, SBI memberi pengaruh yang signifikan terhadap nilai tukar. Diantara kurs dengan derajat keterbukaan ekonomi memiliki pengaruh positif dan signifikan. Artinya semakin meningkat derajat keterbukaan ekonomi, maka akan mengakibatkan rupiah terapresiasi (dollar AS terdepresiasi). Derajat Keterbukaan ekonomi menyebabkan terjadinya fluktuasi nilai tukar secara signifikan dalam jangka pendek. Dalam jangka panjang, SBI memberi pengaruh yang signifikan atas fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH FLUKTUASI NILAI TUKAR RIIL TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN DI INDONESIA (serli arlina, 2013)

MODEL ANALISIS PERUBAHAN NILAI TUKAR MATA UANG INDONESIA TERHADAP MATA UANG AMERIKA SERIKAT, JEPANG, EROPA DAN NEGARA PENDIRI ASEAN (Moh Rizky Rahmanda, 2016)

KAUSALITAS NILAI TUKAR DAN INFLASI DI INDONESIA (tajul ula, 2015)

MEKANISME TRANSMISI KEBIJAKAN MONETER MELALUI JALUR NILAI TUKAR TERHADAP VARIABEL MAKRO (FITRIYANI, 2013)

ANALISIS PENGARUH FOREIGN DIRECT INVESTMENT DAN NILAI TUKAR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA (Zul Iqram. Jas, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.