Search :

Advance


PENGARUH MODEL AKTIF LERNING DEMNGAN STRTEGI RODA KEBERUNTUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 BIREUEN

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HAYATURRAHMI - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Model aktif learning menggunakan strategi roda keberuntungan merupakan sebuah pembelajaran aktif yang melibatkan seluruh siswa. Strategi roda keberuntungan merupakan teknik pembelajaran dengan menggunakan alat peraga sebuah lingkaran yang terbagi menjadi beberapa sektor dan pada setiap sektornya berisi nomor yang disesuaikan dengan nomor yang ada pada kartu pegangan siswa. Roda tersebut akan diputar untuk menentukan pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh model active learning menggunakan strategi roda keberuntungan terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS setelah proses pembelajaran berlangsung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif, jenis penelitiannya eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Bireuen yang terdiri dari kelas XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3, dan XI IPS 4. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa di SMA Negeri 2 Bireuen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji-t, terlihat bahwa pada kolom Sig. (2-tailed) untuk equal variances assumed adalah 0,002, di bawah 0,05 (0,002 < 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil, terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara nilai post-test siswa kelas kontrol dan nilai post-test siswa kelas eksperimen. Nilai rata-rata post-test siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata post-test kelas kontrol. Nilai rata-rata siswa kelas eksperimen yaitu 86,94 sementara nilai rata-rata siswa kelas kontrol yaitu 73,93. Sehingga model aktif learning dapat mempengaruhi prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 2 Bireuen.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMAN 9 BANDA ACEH (, 2013)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DOMINO TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA UNGGUL NEGERI 2 BOARDING SCHOOL BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016 (Fahnita Mulia P, 2016)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BUKIT DAN SMA NEGERI 2 BUKIT BENER MERIAH (supianiko, 2015)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA SMP DAN MTS PADA KELAS X SMA NEGERI 1 TANGAN – TANGAN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Zulkifli, 2015)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE TALKING CHIP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA SMA NEGERI 5 BANDA ACEH 2014-2015 (Winda Mastura, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.