Search :

Advance


HUBUNGAN ANTARA INDEX MASSA TUBUH DENGAN BONE MINERAL DENSITY VERTEBRA LUMBAL DAN NECK FEMUR PADA WANITA MENOPAUSE DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang dr. Andri Saputra - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Permasalahan utama kesehatan global wanita paruh baya dan usia lanjut adalah osteoporosis. Sekitar 200 juta wanita di seluruh dunia mengalami osteoporosis. Prevalensi kasusnya semakin tinggi dengan semakin lanjut usia wanita. Riset yang dilakukan oleh International Osteoporosis Foundation (IOF) menemukan satu dari tiga wanita di atas 50 tahun memiliki resiko fraktur karena osteoporosis. Index Massa Tubuh (IMT) merupakan faktor penting terjadinya osteoporosis dan resiko fraktur osteoporosis, sementara IMT yang tinggi juga dipercaya bersifat protektif terhadap osteoporosis namun dapat juga menjadi faktor risiko osteoporosis. Tujuan penelitian adalah menilai korelasi antara IMT dengan Bone mineral density (BMD) vertebra lumbal dan neck femur pada wanita menoupouse. Penelitian analitik observasional dengan desain cross-sectional study ini melibatkan 40 sample yang diambil quota sampling di RSUDZA Banda Aceh Banda Aceh dan selama Januari - Maret 2017. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi Spearman Rank. Analisis deskriptif menunjukkan hasil berat badan, tinggi badan, IMT, BMD, dan T-Score, Analisis korelasi dengan uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara IMT dengan BMD vertebra lumbal pada wanita menoupose di RSUDZA Banda Aceh menunjukkan signifikan bermakna dengan nilai p=0,026 dengan korelasi negative r=-0,352. Hal ini membuktikan bahwa IMT yang tinggi tidak bersifat protektif namun merupakan faktor resiko osteoporosis yang terlihat secara khusus pada vertebra lumbal. Kata kunci: BMD, IMT, Osteoporosis.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA PEMERIKSAAN BONE MINERAL DENSITY DAN INDEKS SINGH TERHADAP FRAKTUR PATOLOGIS COLLUM FEMUR PADA WANITA MENOPAUSE DI RSUDZA BANDA ACEH (Fachrul Razi, 2016)

HUBUNGAN MENOPAUSE TERHADAP INSOMNIA PADA PASIEN WANITA YANG BEROBAT JALAN DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rizqan Akbar Pratama, 2016)

HUBUNGAN HIP GEOMETRY DENGAN FRAKTUR COLLUM FEMUR PADA WANITA TUA (dr. Rusydi, 2014)

STUDI KOMPARATIF PEMENUHAN SPIRITUAL PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM PRIA DAN WANITA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (RIZATUL HUSNA, 2015)

PENGARUH KONFLIK PERAN GANDA DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI KERJA DANRNDAMPAKNYA TERHADAP KINERJA PERAWAT WANITARNRUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (HUSNAWATI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.