Search :

Advance


PERBANDINGAN KECEPATAN LAJU ALIRAN SALIVA SEBELUM DAN SESUDAH KONSUMSI KOPI JENIS ROBUSTA (COFFEA CANNEPHORA)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Maidis Safrianda - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Cut Maidis Safrianda Fakultas : Kedokteran Gigi Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Judul : Perbandingan Kecepatan Laju Aliran Saliva Sebelum dan Sesudah Konsumsi Kopi Jenis Robusta (Coffea cannephora). Saliva merupakan cairan mulut kompleks yang terdiri dari campuran sekresi kelenjar saliva mayor dan minor yang ada dalam rongga mulut. Saliva sebagian besar yaitu sekitar 90% dihasilkan saat makan yang merupakan reaksi atas rangsangan yang berupa pengecapan dan pengunyahan makanan. Unsur-unsur penting di dalam saliva terdiri dari beberapa komponen, salah satunya adalah laju aliran saliva. Laju aliran saliva dalam mulut dapat berubah karena adanya rangsangan baik mekanis maupun kimiawi. Kopi (Coffea sp) merupakan salah satu minuman yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. Kopi digemari karena memiliki cita rasa dan aroma yang khas, walaupun memiliki kandungan asam dan kafein yang berdampak negatif pada kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kecepatan laju aliran saliva sebelum dan sesudah konsumsi kopi jenis Robusta (Coffea cannephora) studi pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universita Syiah Kuala angkatan 2016. Penelitian ini melibatkan sebanyak 30 mahasiswa yang menjadi subjek penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan saliva menggunakan metode spitting selama 5 menit sebelum distimulasi dan pengumpulan saliva sesudah distimulasi dengan kopi jenis Robusta (Coffea cannephora) selama 5 menit. Berdasarkan uji T-Test (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN LAJU ALIRAN SALIVA DAN PH SALIVA SETELAH BERKUMUR MONOSODIUM GLUTAMAT PADA MAHASISWA KEDOKTERAN GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Firman Tirma, 2014)

PENGARUH KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) DAN KOPI ROBUSTA (COFFEA CANEPHORA) TERHADAP VISKOSITAS SALIVA SECARA IN VITRO (Rosdiana Ginting, 2014)

PERUBAHAN LAJU ALIRAN SALIVA SEBELUM DAN SESUDAH BERKUMUR REBUSAN JAHE MERAH (ZINGIBER OFFICINALE VAR. RUBRUM) PADA MAHASISWA FKG UNSYIAH ANGKATAN 2016 (Niken Yulia, 2017)

PERBEDAAN LAJU ALIRAN SALIVA SEBELUM DAN SESUDAH STIMULASI ANTARA MENGUNYAH NANAS (ANANAS COMOCUS) DAN PEPAYA (CARICA PAPAYA) (Trisna Fitri, 2017)

PERBEDAAN LAJU ALIRAN SALIVA SEBELUM DAN SESUDAH BERKUMUR DENGAN OBAT KUMUR BERALKOHOL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2011-2013 (shiami ramadhana, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.