Search :

Advance


KEMAMPUAN SISWA KELAS XI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH MENGUBAH KALIMAT SIMPLEKS MENJADI KALIMAT KOMPLEKS

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ira Ayu Astuti Utami - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Utami, Ira A. Astuti. 2017. Kemampuan Siswa Kelas XI SMA Inshafuddin Banda Aceh Mengubah Kalimat Simpleks Menjadi Kalimat Kompleks. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Rostina Taib, M.Hum., (2) Subhayni, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Kemampuan siswa, mengubah, kalimat simpleks, kalimat kompleks Penelitian ini berjudul ”Kemampuan Siswa Kelas XI SMA Inshafuddin Banda Aceh Mengubah Kalimat Simpleks Menjadi Kalimat Kompleks.” Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa mengubah kalimat simpleks menjadi kalimat kompleks dan mengubah kalimat kompleks menjadi kalimat simpleks. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Inshafuddin Banda Aceh tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 orang. Sampel diambil secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik nontes. Pengolahan data dilakukan dengan cara mencari nilai rata-rata (mean) siswa berdasarkan hasil jawaban siswa. Nilai KKM bahasa Indonesia di SMA Inshafuddin adalah 75 .Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan siswa kelas XI SMA Inshafuddin Banda Aceh mengubah kalimat simpleks menjadi kalimat kompleks adalah 52,36 dan termasuk dalam kategori kurang. Nilai rata-rata kemampuan siswa mengubah kalimat kompleks menjadi simpleks adalah 65,03 termasuk dalam kategori cukup. Nilai rata-rata kemampuan siswa kelas XI SMA Inshafuddin dari kedua aspek tersebut adalah 60,26 termasuk dalam kategori cukup. Hal ini menunjukkan tingkat kemampuan siswa tersebut masih di bawah rata-rata nilai KKM yang ada di SMA Inshafuddin dan masih memerlukan peningkatan. Dengan kata lain siswa kelas XI SMA Inshafuddin Banda Aceh belum mampu mengubah kalimat simpleks menjadi kalimat kompleks.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN MENGUBAH KALIMAT LANGSUNG MENJADI KALIMAT TIDAK LANGSUNG DALAM BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI LAMPEUNEURUT (Maya Lestari, 2014)

KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT ACAK MENJADI PARAGRAF YANG PADU PADA KELAS V SD NEGERI LAMREUNG RNACEH BESAR (Desi Fera Mutia Sari, 2014)

KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGGUNAKAN KATA PENGHUBUNG PADA KALIMAT MAJEMUK KELAS V SD NEGERI 46 BANDA ACEH (CHARIRA, 2015)

KEMAMPUAN MENEMUKAN KALIMAT UTAMA DALAM PARAGRAF SISWA KELAS IV SD NEGERI 33 BANDA ACEH (Siti Dahlia Sari, 2014)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACCEH MENEMUKAN KALIMAT TOPIK DALAM PARAGRAF (Maria Ulfa, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.