Search :

Advance


PENGARUH MODEL AKTIF LEARNING DENGAN STRATEGI RODA KEBERUNTUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 BIREUEN

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HAYATURRAHMI - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Model aktif learning, strategi pembelajaran, prestasi belajar Model aktif learning menggunakan strategi roda keberuntungan merupakan sebuah pembelajaran aktif yang melibatkan seluruh siswa. Strategi roda keberuntungan merupakan teknik pembelajaran dengan menggunakan alat peraga sebuah lingkaran yang terbagi menjadi beberapa sektor dan pada setiap sektornya berisi nomor yang disesuaikan dengan nomor yang ada pada kartu pegangan siswa.Roda tersebut akan diputar untuk menentukan pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh model aktif learning menggunakan strategi roda keberuntungan terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS setelah proses pembelajaran berlangsung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif, jenis penelitiannya eksperimen.Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Bireuen yang terdiri dari kelas XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3, dan XI IPS 4. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa di SMA Negeri 2 Bireuen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model aktif learning dengan menggunakan strategi roda keberuntungan dapat mempengaruhi prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 2 Bireuen. Berdasarkan hasil uji-t, terlihat bahwa pada kolom Sig. (2-tailed) untuk equal variances assumed adalah 0,002, di bawah 0,05 (0,002 < 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara nilai post-test siswa kelas kontrol dan nilai post-test siswa kelas eksperimen. Nilai rata-rata post-test siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata post-test kelas kontrol. Nilai rata-rata siswa kelas eksperimen yaitu 86,94 yang berada di atas nilai KKM (75), sementara nilai rata-rata siswa kelas kontrol yaitu 73,93 berada di bawah nilai KKM (75). Sehingga model aktif learning dapat mempengaruhi prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 2 Bireuen.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMAN 9 BANDA ACEH (, 2013)

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI DI SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (WAHYUNI, 2013)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DOMINO TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA UNGGUL NEGERI 2 BOARDING SCHOOL BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016 (Fahnita Mulia P, 2016)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN STRATEGI JOYFUL LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII MTSN MEURAXA BANDA ACEH (NURUL FAJRI, 2016)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN STRATEGI DOMINO TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TAKENGON (YUNITA FITRI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.