Search :

Advance


ANALISIS KESESUAIAN HABITAT RUSA SAMBAR (CERVUS UNICOLOR KERR, 1792) DI KAWASAN CAGAR ALAM JANTHO ACEH BESAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dewi Sulma - Personal Name
Subyek WILDLIFE RESERVES
DEER - CONSERVATION TECHNOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Biologi
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Abstrak Penelitian analisis kesesuaian habitat bertujuan mengetahui kawasan yang sesuai untuk rusa sambar berdasarkan penggunaan faktor habitat dan sumber daya. Pengamatan dilakukan di Kawasan Cagar Alam Jantho, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, mulai tanggal 13-20 pebruari 2016. Metode penelitian meliputi: (1) kajian penggunaan faktor habitat dan sumber daya oleh rusa sambar dengan cara line transek dalam habitatnya dan (2) analisis kesesuaian habitat dengan menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk mengetahui luas habitat yang sesuai bagi rusa sambar. Berdasarkan distribusi jejak dalam habitat diperoleh urutan faktor habitat yang digunakan rusa sambar dalam memilih habitat, yaitu: (1) tipe vegetasi semak dan hutan sekunder, (2) penutupan tajuk sedang (26%-50%), (3) jarak ke sumber air jauh (>1000 m), (4) jarak ke hutan sekunder jauh (>1500 m), (5) kehadiran predator sedang (1-2 ekor) dan (6) ketersediaan pakan sedang (26%-50%). Berdasarkan analisis kesesuaian habitat diperoleh habitat rusa yang sangat sesuai seluas 2,274 Ha atau 80% yang terdiri dari tipe vegetasi semak dan hutan sekunder yang dipergunakan oleh rusa sambar untuk melakukan aktifitas seperti mencari makan, berteduh, berkembangbiak, tidur dan bersembunyi dari predator di Kawasan Cagar Alam Jantho. Kata Kunci : Cervus unicolor, Cagar Alam Jantho, kesesuaian habitat.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI AKTIVITAS HARIAN RUSA SAMBAR(CERVUS UNICOLOR)DI TAMAN RUSA DESA LAMTANJONG KABUPATEN ACEH BESAR (Raudhah Hayatillah, 2016)

PERILAKU MAKAN RUSA TOTOL (AXIS AXIS) DAN UJI PALATABILITAS PAKAN DALAM KAWASAN KONSERVASI EX-SITU DI WISATA ALAM TAMAN RUSA LAMTANJONG KABUPATEN ACEH BESAR (Tia Novenda Sari, 2016)

DAMPAK PARIWISATA TERHADAP PENDAPATAN DAN MANFAAT BAGI MASYARAKAT SEKITAR (STUDI KASUS WISATA ALAM TAMAN RUSA, DESA LAMTANJONG, SIBREH, ACEH BESAR) (Eni Susanti, 2016)

KONDISI HABITAT DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN LANDAK RAYA (HYSTRIX BRACHYURA) DI PENANGKARAN TAMAN RUSA DESA LAMTANJONG KABUPATEN ACEH BESAR DAN DESA PANTON LUAS KABUPATEN ACEH SELATAN (Mira Salviana, 2016)

DESKRIPSI HABITAT PANULIRUS (LOBSTER) DI KAWASAN PANTAI LAMPUYANG KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (Rudi Hermi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.