Search :

Advance


PENGARUH PENGGUNAAN SEMEN PCC DAN PPC TERHADAP KUAT TEKAN BETON DENGAN FAS 0,4

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizkian Maulidi - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Beton merupakan salah satu bahan konstruksi bangunan. Campuran beton hanya terdiri semen, air, agregat dan bahan tambah bila diperlukan. Material semen dalam beton sangat penting dikarenakan semen berfungsi sebagai bahan pengikat antara agregat kasar dan agregat halus. Semen yang digunakan untuk pekerjaan beton harus disesuaikan dengan rencana kekuatan dan spesifikasi teknik yang diberikan. Pemilihan tipe semen mudah dilakukan karena semen dapat langsung diambil dari sumbernya (pabrik). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan semen PCC , semen Andalas PPC dan semen OPC untuk membandingkan terhadap kuat tekan beton dengan nilai faktor Air Semen (FAS) dan umur pengerasan. Perencanaan campuran beton menggunakan metode American Concrete Institute 211.1-91. Ukuran maksimum agregat adalah 31,5 mm. Benda uji yang digunakan pada penelitian adalah silinder beton berdiameter 15 cm dan tinggi 30 cm. Pada penelitian ini umur pengujian kuat tekan adalah 7, 28, dan 56 hari dengan FAS 0,4. Jumlah sampel untuk semua FAS pada setiap pengujian kuat tekan beton adalah 15 buah benda uji untuk masing-masing tipe semen. Dari hasil penelitian terhadap kuat tekan rata-rata beton menggunakan semen PC pada umur 7 hari 26,35 MPa, 28 hari 33,71 MPa, 56 hari 38,65 MPa. Sedangkan untuk semen PCC kuat tekan rata-rata beton pada umur 7 hari 22,92 MPa, 28 hari 30,94 MPa, 56 hari 37,70 MPa. Dan untuk semen PPC kuat tekan rata-rata pada umur 7 hari 24,70 MPa, 28 hari 29,86 MPa, 56 hari 36,96 MPa. Ditinjau dari jenis semen yang digunakan, terlihat bahwa beton dengan menggunakan semen PCC mampu mengembangkan kuat tekan lebih tinggi dibandingkan dengan beton menggunakan semen PPC pada penggunaan FAS 0,4 . Kata Kunci : kuat tekan beton, semen PC, semen PCC dan semen PPC.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH JENIS SEMEN TERHADAP PERKEMBANGAN KUATTEKAN BETON UNTUK FAS 0,5 DENGAN MENGGUNAKAN SEMEN PCI DAN PCC (Musnamal Siddiq, 2015)

PENGARUH JENIS SEMEN TERHADAP PERKEMBANGAN KUAT TEKAN BETON UNTUK FAS 0,4 DENGAN MENGGUNAKAN SEMEN PCI DAN PCC (Khalid, 2015)

PENGARUH SEMEN TIPE A DAN TIPE I TERHADAP KUAT TEKAN BETON DENGAN VARIASI FAS DAN UMUR (Muhammad Nasir, 2014)

PENGARUH PENAMBAHAN ABU POZZOLANIK TERHADAP SIFAT MEKANIS BETON BUSA RINGAN MUTU TINGGI (Nailil Muna, 2015)

PENGARUH PERAWATAN AWAL TERHADAP KUAT TEKAN BETON YANG MENGGUNAKAN BAHAN TAMBAHAN SIKAMENT NN 1%(DENGAN MENGGUNAKAN FAS 0,4) (Muammar Devanan, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.