Search :

Advance


UJI DURABILITAS TERHADAP CAMPURAN ASPAL BETON DENGAN SUBTITUSI ETHYLENE VINIYL ACETATE (EVA) MENGGUNAKAN ASPAL PEN. 60/70 YANG DIRENDAM KOTORAN SAPI

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mhd. Farhan Putra Suci Siregar - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Jalan merupakan prasarana transportasi yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan sehari-hari masyarakat. Pada daerah tertentu di Indonesia khususnya di Aceh, banyak masyarakat yang melepaskan hewan ternaknya khususnya sapi di jalan raya, sehingga terdapat banyak kotoran sapi yang bertebaran di atas permukaan jalan. Kotoran sapi tersebut diduga berdampak pada kerusakan jalan raya yang dapat melemahkan kemampuan lekatan aspal dan menimbulkan lubang-lubang kecil pada lapisan aspal. Salah satu alternative untuk mengurangi kerusakan yang ditimbulkan kotoran sapi terhadap jalan adalah dengan mensubstitusi polimer tambahan kedalam aspal untuk meningkatkan stabilitas dan keawetan jalan tersebut, pada penelitian ini polimer tambahan yang digunakan adalah material limbah Ethylene Vinyl Acetate (EVA). Penggunaan polimer EVA lebih murah dan sangat ramah lingkungan karena EVA merupakan limbah dari hasil produksi sendal dan sepatu yang tidak terpakai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik marshall campuran laston (AC-WC) dengan persentase polimer EVA 1,5%, 2,5%, 3,5% terhadap berat aspal pada aspal pen 60/70, serta mengetahui pengaruh rendaman air biasa dan kotoran sapi dengan variasi waktu 30 menit, 24 jam, dan 48 jam terhadap stabilitas aspal modifikasi EVA. Dari hasil penelitian didapatkan nilai stabilitas terbaik pada persentase EVA 1,5% yaitu 1920,68 kg dan nilai parameter Marshal lainnya masih memenuhi persyaratan spesifikasi Bina Marga tahun 2014. Nilai durabilitas semua campuran baik yang disubstirusi EVA maupun yang tidak disubstitusi EVA pada waktu perendaman 24 jam telah memenuhi spesifikasi yang ditentukan Bina Marga tahun 2014 yaitu ≥ 90%, tetapi pada waktu perendaman 48 jam tidak ada yang memenuhi spesifikasi yang disyaratkan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan substitusi polimer EVA 1,5%, 2,5%, 3,5% pada aspal pen 60/70 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap meningkatnya nilai stabilitas, tetapi tidak memiliki pengaruh yang besar terhadap nilai durabilitas pada lapis aus (AC-WC).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KARAKTERISTIK CAMPURAN LASTON LAPIS AUS (AC-WC) DENGAN PENAMBAHAN LIMBAH LOW DENSITY POLYETHYLENE (LDPE) MENGGUNAKAN CARA KERING TERHADAP RENDAMAN KOTORAN SAPI (FADLI RAHMAT HR, 2017)

UJI DURABILITAS TERHADAP CAMPURAN ASPAL BETON DENGAN SUBTITUSI ETHYLENE VINIYL ACETATE (EVA) MENGGUNAKAN ASPAL PEN. 60/70 YANG DIRENDAM KOTORAN SAPI (Mhd. Farhan Putra Suci Siregar, 2017)

PENGARUH SUBTITUSI ASBUTON BUTIR 20/25 TERHADAP KARAKTERISTIK ASPHALT CONCRETE WEARING COURSE (),RN(STUDI KASUS 0%, 3%, DAN 4% ASBUTON BUTIR PADA ASPAL PEN.60/70) (DEFRY BASRIN, 2014)

PENGARUH SUBSTITUSI LIMBAH LOW DENSITY POLYETHYLENE (LDPE) PADA CAMPURAN LASTON LAPIS AUS (AC-WC) TERHADAP RENDAMAN KOTORAN SAPI (RAJIB MUAMMAR, 2017)

PENGARUH SUBSTITUSI STYROFOAM SEBAGAI BAHAN PENGIKAT TERHADAP PERMEABILITAS DAN RNDURABILITAS CAMPURAN ASPAL PORUS (Lathifah Husna, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.