//

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NEGERI 1 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Suci Yonida Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Suci Yonida Sari. 2017. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMK Negeri 1 Banda Aceh. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dr. T. M. Jamil, M.Si (2) Irma Anggraini, S.pd, M.pd Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja guru Penelitian ini berjudul “Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Negeri 1 Banda Aceh”. penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Banda Aceh bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. . Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang PNS di SMK Negeri 1 Banda Aceh yang berjumlah 61 guru dan yang menjadi sampel adalah 61 guru dikarenakan populasinya dibawah 100 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan cara Total Samping. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research) dengan cara obervasi, dan pembagian kuisioner (Angket). Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini adalah (1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah SMK Negeri 1 Banda Aceh 44 guru 72.1% demokrasi, 7 guru 11.5% otorite, dan 10 guru 16.4% laissez faire. Gaya kepemimpinan kepala sekolah SMK Negeri 1 Banda Aceh termasuk dalam gaya kepemimpinan demokrasi. (2) kinerja guru di SMK Negeri 1 Banda Aceh skor rata-rata 86,4590% dan termasuk dalam katagori sedang. (3) Bedasarkan hasil analisis data dengan menggunakan korelasi ditemukan nilai r = 0,45 atau 45%. Dimana nilai r>0 berarti terjadinya hubungan positif antara gaya kepemimpian kepala sekolah terhadap kinerja guru. Nilai korelasi determinan menunjukkan pengaruh dari gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 0,20 atau 20%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Negeri 1 Banda Aceh sebesar 0,20 atau 20%. Selanjutnya untuk menguji signifikan dilakukan dengan pengujian Uji-t dan didapatkan hasil nilai thitung sebesar 3,876 pada tingkat dk = 59 dengan taraf kesalahan 5% lebih besar daripada nilai ttabel sebesar 2,000 ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Negeri 1 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NEGERI 1 BANDA ACEH (Suci Yonida Sari, 2017)

GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU PADA SMP NEGERI 1 WIH PESAM BENER MERIAH (Hasan Munir, 2018)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SMP NEGERI 1 MUTIARA (rusli, 2015)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI BANDA ACEH (Kasidah, 2016)

GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM RNMENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD NEGERI 7 RNMUARA DUA LHOKSUEMAWE (ZURYATI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy