Search :

Advance


INTERAKSI SOSIAL ANTARA ETNIS TIONGHOA DENGAN MASYARAKAT SETEMPAT DI KECAMATAN BLANGPIDIE

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khairatul Ulya Mukhtar - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Interaksi Sosial, Etnis Tionghoa, Masyarakat Setempat Penelitian ini membahas tentang : Interaksi Sosial antara Etnis Tionghoa dengan Masyarakat Setempat. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk interaksi sosial antara etnis Tionghoa dengan masyarakat setempat (2) Faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat interaksi sosial antara etnis Tionghoa dengan masyarakat setempat (3) Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung interaksi sosial antara etnis Tionghoa dengan masyarakat setempat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bentuk interaksi sosial antara etnis Tionghoa dengan masyarakat setempat (2) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat interaksi sosial antara etnis Tionghoa dengan masyarakat setempat (3) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung interaksi sosial antara etnis Tionghoa dengan masyarakat setempat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Teknik analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang yang terdiri dari 5 orang etnis Tionghoa dan 5 orang masyarakat setempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk interaksi sosial antara etnis Tionghoa dengan masyarakat setempat ada dua yaitu proses sosial asosiatif dan proses sosial diasosiatif (2) Faktor penghambat interaksi sosial antara etnis Tionghoa dengan masyarakat setempat yaitu komunikasi dan budaya mempunyai hubungan timbal balik, seperti sisi mata uang, budaya menjadi bagian dari perilaku komunikasi dan pada gilirannya komunikasipun turut menentukan, memelihara, mengembangkan atau mewariskan budaya (3) Faktor pendukung interaksi sosial antara etnis Tionghoa dengan masyarakat setempat yaitu mempunyai hubungan yang sangat baik, dimana etnis Tionghoa dengan masyarakat setempat menyesuaikan diri dengan baik, memiliki pola pikir yang baik tanpa ada perbedaan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERKEMBANGAN DAN INTERAKSI ETNIS TIONGHOA DI KOTA RNBLANGPIDIE (1900 – 2014) (sutri yunida, 2015)

INTERAKSI SOSIAL ETNIK TIONGHOA DENGAN MASYARAKAT SETEMPAT DI PERUMAHAN BUDHA SUCI PANTERIEK (Fardi Busrika Zalha, 2017)

PERKEMBANGAN ETNIS TIONGHOA DI KOTA BANDA ACEH, 1945-2014 (CITRA AMELIA, 2014)

EFEKTIVITAS PENYAMPAIAN PESAN MELALUI PENGGUNAAN BAHASA ACEH OLEH ETNIS TIONGHOA DALAM BERINTERAKSI SOSIAL DENGAN ETNIS ACEH DI KOTA BANDA ACEH (Febri Miraj, 2016)

KOMUNIKASI INTERPERSONAL ETNIS ACEH DENGAN ETNIS TIONGHOA (STUDI TERHADAP STEREOTIP PADA MASYARAKAT GAMPONG LAKSANA KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH) (FERRY GELLUNY PUTRA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.