//

PEMETAAN SEBARAN BATUAN DAERAH POTENSI PANAS BUMI JABOI, SABANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ira Dahlia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian untuk memetakan sebaran batuan pada daerah potensi panas bumi di Jaboi, Sabang. Panas bumi merupakan energi panas yang terdapat di dalam kerak bumi. Penelitian tentang sebaran batuan dapat dijadikan suatu parameter awal kelayakan eksplorasi sebelum melakukan penyelidikan lebih lanjut tentang akivitas panas bumi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan, mengklasifikasi jenis sebaran batuan dan menganalisis aktivitas panas bumi berdasarkan sebaran jenis batuannya. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati tekstur secara megaskopis (warna, derajat kristalisasi dan kemas) pada singkapan batuan. Data-data yang diperoleh adalah batuan yang memiliki tekstur yang sama pada posisi yang berbeda, kemudian dilakukan pengeplotan data menggunakan software SASPlanet dan ArcGis. Hasil pengamatan secara langsung di lapangan dan data ketinggian diperoleh sebaran batuan pada daerah panas bumi Jaboi terdiri dari beberapa satuan batuan vulkanik. Sebaran satuan batuan vulkanik pada daerah panas bumi Jaboi adalah Satuan batuan lava Andesit Semeureuguh, Piroklastik Semeureuguh, lava Andesit Leumo Matee, Piroklastik Leumo Matee, Piroklastik Weh dan satuan lava Andesit Leumo Matee yang telah mengalami Alterasi. Lava Andesit merupakan lava yang terbentuk dari magma yang bersifat Andesitik. Magma Andesit memiliki suhu 950-1200oC dengan kandungan silika lebih tinggi dari magma Basaltik dan lebih rendah dari magma Riolitik. Berdasarkan sebaran jenis batuannya, aktivitas panas bumi di Jaboi bersumber dari magma andesitik-riolitik, yang dibuktikan dengan daerah panas bumi Jaboi banyak ditemui aliran lava Andesit dan aliran/jatuhan Piroklastik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebaran batuan daerah panas bumi Jaboi mendukung dan memberikan nilai tambah informasi geologi setempat. Kata kunci: Magma, tekstur, lava Andesit, Piroklastik

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS RESPON MEDAN MAGNETIK DI KAWASAN PANAS BUMI JABOI, KOTA SABANG (Rizka Miranda, 2016)

IDENTIFIKASI STRUKTUR RESISTIVITAS DANGKAL MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK KONFIGURASI WENNER-SCHLUMBERGER DI KAWASAN GUNUNG JABOI, KOTA SABANG (meila puspita, 2016)

PENDUGAAN RESERVOIR SISTEM PANAS BUMI BERDASARKAN ANOMALI MAGNETIK PADA KAWASAN GUNUNG API JABOI, SABANG (RAHMAD FAUZI, 2018)

IDENTIFIKASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN KAWASAN PANAS BUMI JABOI, SABANG BERDASARKAN DATA INDUCED POLARIZATION (IP) (Wardani, 2018)

APLIKASI METODE PENGINDERAAN JAUH MENGGUNAKAN DATA DEM SRTM DAN CITRA LANDSAT UNTUK KAJIAN PANAS BUMI DI PULAU WEH (Laura Vadzla H, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy