Search :

Advance


PENGARUH MEDIA ELEKTRONIK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 1 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DWI RETNO SYAHPUTRI - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Retno Syahputri, Dwi. Pengaruh Media Elektronik Terhadap Minat Belajar Siswa Di SD Negeri 1 Banda Aceh. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Mislinawati, S.PdI, M.Pd., (2) Drs. Awaluddin, M.Pd. Kata Kunci : Media Elektronik, Minat Belajar Pendidikan merupakan salah satu syarat untuk memajukan negeri ini dimulai dari tingkat SD sampai ke tingkat Universitas. Pendidikan memotivasi untuk lebih baik lagi dalam segala aspek kehidupan, karena tanpa pendidikan kita dapat terjajah oleh kemajuan yang terus berkembang. Sesuai dengan perkembangan yang semakin maju kualitas dan kuantitas media pun terus meningkat salah satunya media elektronik. Media elektronik adalah alat penyampaian materi atau informasi yang menggunakan bantuan perangkat elektronika. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh media elektronik terhadap minat belajar siswa di SD Negeri 1 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media elektronik terhadap minat belajar siswa di SD Negeri 1 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IV sampai kelas VI SD Negeri 1 Banda Aceh Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 270 orang dan mengambil sampel dengan menggunakan pertimbangan tertentu sebanyak 30 orang. Pengumpulan data penelitian ini bersumber dari pembagian angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Adanya pengaruh antara media elektronik terhadap minat belajar siswa di SD Negeri 1 Banda Aceh, hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien regresi sebesar 0,735. Jadi dapat disimpulkan bahwa para siswa yang menggunakan media elektronik terdapat pengaruh yang signifikan pada minat belajar siswa terbukti dari semua variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) sebesar 0,735. Diharapkan kepada semua siswa hendaknya menyadari pentingnya penggunaan media elektronik sesuai dengan kebutuhan. Dan diharapkan kepada guru dan orang tua agar dapat memberi masukan-masukan dan dapat membatasi penggunaan media elektronik sesuai dengan kebutuhannya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MEDIA ELEKTRONIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VI RNDI SD NEGERI 5 BANDA ACEH (YANA SAFNITA SARI, 2014)

PENERAPAN MEDIA ELEKTRONIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERJUANGAN TOKOH KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V SDN 1 LAMCOT ACEH BESAR (Rahmat Hidayat, 2014)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FENOMENA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 1 BANDA ACEH (ARIS MADHUHA, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DAN VI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 56 BANDA ACEH TAHUN 2011 (Ayu Darniati, 2013)

HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI PERTIWI LAMGAROT ACEH BESAR (ANNISA FAUZIA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.