Search :

Advance


PERAN AYAH PADA PENGASUHAN ANAK USIA DINI DALAM KELUARGA DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maisyarah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Maisyarah. 2016. Peran Ayah pada Pengasuhan Anak Usia Dini dalam keluarga di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Anizar Ahmad. M.Pd., (2) Dr. Bahrun, M.Pd. Kata Kunci: peran ayah; pengasuhan anak Keluarga merupakan pembawa pengaruh utama dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Pengasuhan anak idealnya melibatkan peran kedua orangtua yakni ayah dan ibu. Meskipun pengasuhan anak lebih diutamakan pada sang ibu, namun keterlibatan ayah juga membawa pengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan ayah terhadap pengasuhan anak usia dini dan apa saja keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak usia dini di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini berjumlah lima orang ayah yang memiliki anak usia 4-6 tahun, penentuan subjek dilakukan dengan cara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan beberapa subjek menyatakan tidak setuju mengenai keterlibatan ayah sebagai pengasuh anak secara utuh, sedangkan subjek lainnya menyatakan setuju. Namun kelima subjek memiliki jawaban yang sama yaitu ayah merupakan pencari nafkah, sehingga keterlibatan ayah dalam mengasuh anak akan terbatas oleh waktu. Sedangkan untuk keterlibatan ayah dalam mengasuh anak dilihat dari segi peran ayah dalam keluarga yaitu sebagai berikut: Pencari nafkah, kebersamaan antara ayah dan anak, pengasuhan, guru atau pembimbing, orang yang mendukung segala kegiatan anak. Disimpulkan bahwa para ayah memiliki kesadaran akan pengasuhan terhadap anak, namun tuntutan mereka sebagai pencari nafkah membuat para ayah tidak dapat terlibat secara penuh dalam pengasuhan anak. Diharapkan para ayah memiliki kesadaran bahwa mereka bukan hanya sebagai pencari nafkah di dalam keluarga, namun keterlibatannya dalam mengasuh anak juga sangat diharapkan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POLA PENGASUHAN ANAK DALAM KELUARGA DAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI (Siti Khatijah, 2016)

POLA ASUH ANAK USIADINI DALAM KELUARGA ORANG TUA TUNGGAL DI KECAMATAN KRUENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA (Shoumi Ramadhana, 2016)

POLA PENGASUHAN ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN SYAIR ACEH (STUDI DESKRIPTIF DI KECAMATAN PIDIE) (Putri Oktia Rezeki, 2016)

PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINIRN( STUDI PADA PAUD DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR) (TEUKU MUHAMMAD HUSNI, 2014)

PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI MORAL ANAK USIA DINI DI KABUPATEN BENER MERIAH (SITI MULIANA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.