Search :

Advance


PENERAPAN KONSEP LEAN SERVICE UNTUK MENGURANGI WAKTU TUNGGU PELAYANAN PEMBUATAN KTP ELEKTRONIK (STUDI KASUS : KANTOR CATATAN SIPIL - JANTHO, KAB. ACEH BESAR)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zulfahmi - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Kantor Catatan Sipil merupakan kantor pelayanan publik khususnya pelayanan pembuatan KTP elektronik. Proses pelayanan di Kantor Catatan Sipil masih mengalami pemborosan, untuk mengurangi pemborosan tersebut dengan menggunakan konsep lean service dan 5 why. Value Stream Mapping (VSM) merupakan salah satu tools dari konsep lean service yang bertujuan untuk menggambarkan aliran proses pelayanan mulai dari pemohon datang sampai memperoleh KTP elektronik. Konsep DMAIC dijadikan sebagai improvement pada pelayanan sehingga terbentuk kerangka dalam menganalisa pemborosan dengan tahapan yang digunakan yaitu define, measure, analyze, improve, dan control. Usulan perbaikan yang diberikan berdasarkan analisa pada current value stream map sehingga menjadi proses pelayanan menjadi lebih baik. Waktu proses pelayanan pembuatan KTP elektronik current value stream diperoleh sebesar 32,02 menit sedangkan waktu pelayanan pembuatan KTP Elektronik Future state sebesar 25,89 berhasil mengurangi waktu sebesar 6,13 menit. Kata kunci: Lean service, value stream mapping, 5 why, DMAIC, KTP elektronik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSEDUR PEMBUATAN KODE BILLING UNTUK PENYETORAN PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BANDA ACEH (SYAIVOL WAHYUDI, 2017)

ANALISA PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI(SIA) BERBASIS KOMPUTER PADA SATUAN KERJA BRR-SEKRETARIAT KANTOR PUSAT (MELDIANA MADIAN, 2014)

AKUNTABILITAS BIROKRASI PELAYANAN ADMINISTRASI PUBLIK DI ACEH BARAT DAYA (STUDI KASUS DI KANTOR PELAYANAN PERIZINAN TERPADU) (Iqram, 2017)

IDENTIFIKASI DAN MINIMASI TIME WASTE DENGAN PENDEKATAN VALUE STREAM MAPPING DAN OPTIMASI PENJADWALAN MESIN MENGGUNAKAN METODE CDS PADA PROSES PRODUKSI DINING CHAIR (STUDI KASUS : PT.MUTIARA JAYA, ACEH BESAR) (T Meurah Jaril Hilmi, 2017)

TATA CARA PEMBERIAN DAN PENCABUTAN SERTIFIKAT ELEKTRONIK DI KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) PRATAMA BANDA ACEH (MUHAMMAD FAUZAN AZMI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.