Search :

Advance


PERBANDINGAN ANALISIS PORTAL GABLE BAJA MENGGUNAKAN MEOTDE PANJANG EFEKTIF DAN METODE ANALISIS LANGSUNG

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syari Putri Winda N - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Tata Cara Perencanaan Struktur Baja menurut Standar Nasional Indoesia (SNI) 1729:2015 menggunakan metode analisis langsung (Direct Analysis Method, DAM), sementara metode panjang efektif (Effective Length Method, ELM) yang telah digunakan pada standar sebelumnya SNI 03-1729-2002 ditempatkan pada lampiran dan digunakan sebagai metode alternatif. Untuk ini, perlu dilakukan suatu kajian untuk perbandingan analisis kedua metode tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil analisis berupa gaya dalam (momen, gaya geser, gaya aksial), gaya reaksi perletakan, lendutan dan rasio kapasitas struktur baja dengan metode ELM dan metode DAM. Meliputi diagram momen lentur, gaya geser, gaya aksial, gaya reaksi perletakan dan rasio kapasitas. Elemen struktur yang dikaji adalah elemen struktur portal gable baja. Bangunan yang menjadi objek penelitian adalah bangunan Gudang Alat Berat Dinas Cipta Karya Aceh. Pada tahap awal dilakukan pemodelan struktur portal gable baja, dan selanjutnya dilakukan pembebanan pada struktur portal berupa beban mati, beban hidup dan beban angin. Analisis kemudian dilakukan, dan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa dari analisis momen dan gaya geser, metode DAM lebih konservatif (lebih aman dalam desain) dibandingkan metode ELM karena metode DAM cenderung menghasilkan momen dan gaya geser lebih besar. Sedangkan bila ditinjau dari analisis gaya aksial, gaya reaksi perletakan, lendutan dan rasio kapasitas metode ELM lebih konservatif dari pada metode DAM.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS ELASTOPLASTIS PORTAL GABLE BAJA PADA GUDANG ALAT BERAT DINAS CIPTA KARYA ACEH (CUT ERNI SAYAHTRI, 2016)

PENGARU DIMENSI BAJA HOLLOW TERHADAP KEKUATAN PORTAL BIDANG SATU PIAS DENGAN DINDING BETON RINGAN BUSA MENAHAN GAYA HORIZONTAL (Humam, 2014)

KEKUATAN PORTAL BIDANG (PLANE FRAME) SATU PIAS PROFIL BAJA HOLLOW BERDINDING BETON RINGAN BUSA DIBEBANI BEBAN HORIZONTAL DENGAN VARIASI DIMENSI PROFIL (Riski Munandar, 2014)

KEKUATAN PORTAL BIDANG (PLANE FRAME) SATU PIAS PROFIL BAJA HOLLOW DENGAN DAN TANPA DINDING BETON RINGAN BUSA DIBEBANI BEBAN HORIZONTAL (SUATU PENELITIAN UNTUK PROFIL BAJA HOLLOW ISI BETON RINGAN BUSA UKURAN 40/80 MM DAN 50/100 MM) (IZZIL MUHADI, 2014)

ANALISIS KAPASITAS LENTUR PORTAL BIDANG (PLANE FRAME) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR FAS 0,4 DENGAN VARIASI TINGGI PORTAL (Chintya Yospita Saputri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.