Search :

Advance


FAKTOR YANG MENYEBABKAN SISWA TIDAK MENYELESAIKAN RUBRIK TUGAS DI KELAS III SD NEGERI 02 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Astiara - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Astiara. 2017. Faktor yang Menyebabkan Siswa Tidak Menyelesaikan Tugas di Kelas III SD Negeri 02 Banda Aceh, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1) Dr. Hajidin, M.Pd, (2) Dra. Nurhaidah, M.Pd Kata Kunci: Faktor, Tidak Menyelesaikan, Rubrik Tugas Penelitian ini berjudul “Faktor yang Menyebabkan Siswa Tidak Menyelesaikan Tugas di Kelas III SD Negeri 02 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan siswa tidak menyelesaikan tugas di kelas III SD Negeri 02 Banda Aceh dan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi siswa yang tidak menyelesaikan tugas di kelas III SD Negeri 02 Banda Aceh. Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 30 siswa kelas III yang dipilih dengan menggunakan teknik purpossive sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan logika induktif, yakni dari khusus ke umum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan siswa tidak menyelesaikan rubrik tugas di kelas III SD Negeri 02 Banda Aceh, yaitu siswa tidak mendiskusikan rubrik tugas dengan teman sebangkunya, siswa tidak memanfaatkan waktu dengan baik agar rubrik tugas dapat diselesaikan, siswa tidak bertanya kepada teman mengenai rubrik tugas yang sulit dikerjakannya, siswa tidak serius dan sungguh-sungguh dalam menyelesaikan rubrik tugas, penjelasan rubrik yang terlalu panjang sehingga siswa tidak memahaminya dan kurangnya motivasi dan konsentrasi siswa dalam belajar. Siswa juga kurang perhatian terhadap penilaian yang dilakukan guru dan tidak memanfaatkan waktu dengan baik sehingga pada akhirnya rubrik tugas tidak terselesaikan. Selain itu, siswa lebih memilih menyelesaikan rubrik tugas yang mudah dan meninggalkan rubrik tugas yang sulit. Upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi siswa yang tidak menyelesaikan rubrik tugas di kelas III SD Negeri 02 Banda Aceh adalah menciptakan pembelajaran yang menyenangkan agar siswa dapat termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran dan mampu menyerap materi yang diajarkan. Guru menggunakan berbagai strategi seperti bernayanyi, bercerita. Guru juga menerapkan pendekatan saintifik untuk mengarahkan siswa belajar dengan sungguh-sungguh. Melalui pendekatan saintifik siswa diarahkan untuk mengamati, bertanya, mengkomunikasikan dan menyimpulkan materi pelajaran yang diajarkan oleh guru.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG DI KELAS IV SD NEGERI 71 BANDA ACEH (Nurul Akmal, 2014)

PEMANFAATAN INTERNET OLEH SISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS-TUGAS MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS SYIAH KUALA (SURYANINGSIH, 2014)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA SISWA YANG DIBERIKAN TUGAS PERORANGAN DAN TUGAS KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (yulia rosmita, 2014)

KEMAMPUAN MENGGUNAKAN KATA PENGGHUBUNG DALAM KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 12 BANDA ACEH (MUZAKIATI, 2014)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL EVALUASI MATEMATIKA SEMESTER II KELAS VRNSD NEGERI 8 BANDA ACEH (fajarina, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.