Search :

Advance


PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA ANGKATAN 2013 PROGRAM STUDI PGSD FKIP UNSYIAH BERDASARKAN LATAR BELAKANG JURUSAN DI SMA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT NUR RAMADHANI - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ramadhani, Cut Nur. 2017. Perbandingan Prestasi Belajar Mahasiswa Angkatan 2013 Program Studi PGSD FKIP Unsyiah Berdasarkan Latar Belakang Jurusan Di SMA. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) M. Nasir Yusuf, M.Kes., (2) Dra. Nurhaidah, M.Pd Kata Kunci: Perbandingan, prestasi mahasiswa, jurusan IPA dan IPS Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar terdiri atas lulusan jurusan IPA dan IPS di SMA. Perbedaan ini diperkirakan akan mempengaruhi indeks prestasi kumulatif mahasiswa. Indeks prestasi kumulatif merupakan perhitungan indeks prestasi dengan menggabungkan semua mata kuliah yang telah ditempuh sampai suatu semester tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar mahasiswa angkatan 2013 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah berdasarkan latar belakang Jurusan IPA dan IPS di SMA. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat perbandingan prestasi belajar mahasiswa angkatan 2013 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah berdasarkan latar belakang jurusan IPA dan IPS di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 76 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui studi dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa IPK mahasiswa dengan latar belakang jurusan di SMA. Pengolahan data menggunakan rumus statistik uji-t. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pengujian terhadap hipotesis, maka diperoleh t hitung = 4,34 dan t tabel dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 74 yaitu 1,992. Dengan demikian, hal tersebut diperoleh t hitung > t tabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar mahasiswa angkatan 2013 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah berdasarkan latar belakang jurusan IPA dan IPS di SMA. Jadi, mahasiswa yang berasal dari jurusan IPA memiliki prestasi yang lebih baik dibandingkan mahasiswa yang berasal dari jurusan IPS.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJARMATAKULIAH FISIKADASAR 1 DARI MAHASISWA YANG DI TERIMA MELALUI USMU DAN SNMPTN DI PRODI PENDIDIKAN FISIKARN FKIP UNSYIAH (Nazaratul Husna, 2014)

MOTIVASI BELAJAR TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA PGSD FKIP UNSYIAH TAHUN AJARAN 2012 - 2013 (Masyitah, 2016)

PERBANDINGAN IPK MAHASISWA YANG HIDUP BERSAMA ORANG TUA DENGAN DI KOST PADA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2010 (zulfahmi, 2013)

PRESTASI BELAJAR MAHASISWA YANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN IPS DAN IPA (STUDI PADA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Azhari, 2017)

PERBANDINGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI DAN PROGRAM STUDIPKK FKIP UNSYIAH (LISNAWATI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.