Search :

Advance


ANALISA EFEKTIVITAS DAN USULAN PERBAIKAN PADA MESIN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA DIESEL DENGAN MENGGUNAKAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizkia Ramadhan - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

PLTD Sabang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang produksi arus listrik dan berperan penting dalam penyedian serta pemantauan pemakaian listrik bagi seluruh masyarakat Sabang. Aliran proses produksi pada perusahaan tidak terlepas dari losses yang ada pada perusahaan itu sendiri. Studi kasus dilakukan pada lini produksi listrik, yang sering dijumpai berupa hambatan proses produksi, maka oleh sebab itu, diperlukan evaluasi dan perbaikan untuk meningkatkan produktivitas produksi perusahaan tersebut. Penelitian ini mengukur nilai Overall Equipment Effectiveness (OEE). Satu lini produksi dalam satu periode, dilanjutkan dengan menganalisa losses yang diperoleh dari akar peyebab losses tersebut. Nilai OEE yang diperoleh adalah sebesar 89,59%. Dan losses yang menjadi penyebab nilai OEE tidak maksimal diantaranya, Reduced speed losses sebesar 6,57%, Equipment Failure sebesar 3,64%, dan Setup and Adjusment sebesar 0,02%. Losses tersebut terjadi karena ada beberapa penyebab, diantaranya karena alasan teknis mesin dan gangguan eksternal berupa operator yang tidak terlalu sigap dalam melakukan perawatan mesin. Rekomendasi perbaikan yang dilakukan berupa Focus Improvement, Training and Education dan Autonomous Maintenance yang berasal dari 8 pilar Total Productive Maintenance (TPM) dengan tujuan meminimalisir dan menghilangkan losses yang terjadi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

OPTIMASI PENJADWALAN OPERASI PLTD PADA PT. PLN (PERSERO) SEKTOR NAGAN RAYA PUSAT LISTRIK LUENG BATA BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN METODE ITERASI LAMDA (dani novandi, 2016)

ANALISIS DAYA BERKURANG PADA MOTOR BAKAR DIESEL DENGAN SUSUNAN SILINDER TIPE SEGARIS (IN-LINE) (Muzzammil, 2016)

STUDI KELAYAKAN ENERGI MATAHARI SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS) DI PULAU WEH SABANG (Sadam Husin, 2017)

ANALISA EFEKTIVITAS DAN USULAN PERBAIKAN PADA MESIN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA DIESEL DENGAN MENGGUNAKAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) (Rizkia Ramadhan, 2017)

ANALISA SIKLUS RANKINE PADA PLTU PT. EAS ( PLTU NAGAN RAYA ) (Adithya Pratama, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.