Search :

Advance


HUBUNGAN MOTIVASI SISWA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI MAN 3 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tria Rahma Wirda - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Wirda, Tria Rahma. 2017. Hubungan Motivasi Siswa dan Lingkungan Sekolah dengan Hasil Belajar Geografi di MAN 3 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Syamsul Bardi, M.Si (2) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si Kata Kunci: hubungan, motivasi siswa, lingkungan sekolah, hasil belajar, geografi Motivasi siswa adalah segala daya penggerak di dalam diri siswa yang akan menjamin kelangsungan dalam belajar dan mengarahkan pada kegiatan belajar sehingga terwujudnya tujuan kegiatan belajar. Lingkungan sekolah adalah seluruh komponen fisik dan sosial, yang mana mempengaruhi proses pembelajaran dan pencapaian tujuan pendidikan di sekolah. Motivasi siswa dan lingkungan sekolah berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini berjudul hubungan motivasi siswa dan lingkungan sekolah dengan hasil belajar geografi di MAN 3 Banda Aceh. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang signifikan antara motivasi siswa dan lingkungan sekolah dengan hasil belajar geografi di MAN 3 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara motivasi siswa dan lingkungan sekolah dengan hasil belajar geografi di MAN 3 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS dan XII IPS di MAN 3 Banda Aceh. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling yang dipilih secara acak tanpa memperhatikan strata dan jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Taro Yamane yaitu sebanyak 54 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik angket dan teknik dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan statistik korelasi ganda, diperoleh hasil koefisien korelasi ganda 0.689 pada kategori kuat dengan koefisien determinasi berganda (R 2 ) = 47,5%. Hasil penghitungan diperoleh Fhitung = 23,04 dan Ftabel = 3,18, sehingga Fhitung > Ftabel atau 23,04 > 3,18. Berdasarkan hasil ini Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi siswa dan lingkungan sekolah dengan hasil belajar geografi di MAN 3 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PARTISIPASI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Wirda Naufa, 2017)

HUBUNGAN MOTIVASI DAN PERGAULAN PEER GROUP DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Fitria Rahma, 2017)

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI (PENELITIAN TERHADAP SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 1 SIGLI KABUPATEN PIDIE) (Dara Maulida, 2016)

PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD NEGERI TUNGKOP KECAMATAN BATEE KABUPATEN PIDIE (RIDHA MAULIA, 2017)

PERSEPSI SISWA TERHADAP LINGKUNGAN SEKOLAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA(SUATU STUDY : DI SMAN 1 DARUSSALAM) (Nanda Tarisa Elwi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.