Search :

Advance


PENGARUH SUBSTITUSI LIMBAH ETHYLENE VINYL ACETATE (EVA) DAN CRUMB RUBBER PADA CAMPURAN LASTON LAPIS AUS (AC-WC) TERHADAP RENDAMAN KOTORAN SAPI

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DENI IQBAL - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

PENGARUH SUBSTITUSI LIMBAH ETHYLENE VINYL ACETATE (EVA) DAN CRUMB RUBBER PADA CAMPURAN LASTON LAPIS AUS (AC-WC) TERHADAP RENDAMAN KOTORAN SAPI Oleh: Deni Iqbal Nim : 1509200060031 Komisi Pembimbing: 1. Dr. Ir. Sofyan M. Saleh, M.Sc.Eng 2. Dr. Ir. Yuhanis Yunus, M.T. ABSTRAK Salah satu alasan utama kerusakan dan penurunan kekuatan pada perkerasan lentur jalan raya adalah rendahnya kekuatan dan keawetan pada lapisan aus (AC-WC). Pada beberapa daerah di Aceh, banyak dijumpai kotoran sapi yang berserakan di jalan raya. Kotoran sapi tersebut diduga berdampak pada kerusakan jalan raya yang dapat melemahkan kemampuan kelekatan aspal dan menimbulkan lubang-lubang kecil pada lapisan aspal. Pada penelitian ini polimer tambahan yang digunakan adalah material limbah Ethylene Vinyl Acetate (EVA) dan Crumb Rubber pada campuran laston lapis aus (AC-WC) yang direndam dengan kotoran sapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik marshall campuran laston (AC-WC) dengan tambahan parutan limbah pada masing-masing polimer Ethylene Vinyl Acetate (EVA) 1,5%, 2,5%, 3,5% dan Crumb Rubber 1,5%, 2,5%, 3,5% pada aspal pen 60/70 terhadap berat aspal, serta mengetahui pengaruh rendaman air biasa dan kotoran sapi dengan variasi waktu 30 menit, 24 jam, dan 48 jam terhadap stabilitas aspal modifikasi EVA dan Crumb Rubber. Dari hasil penelitian didapatkan nilai stabilitas terbaik tanpa substitusi dengan rendaman air yaitu 1305,02 kg, dengan rendaman kotoran sapi yaitu 1181,93 kg, stabilitas terbaik untuk EVA pada persentase 1,5% yaitu 1920.68 kg, nilai stabilitas terbaik Crumb Rubber pada persentase 1,5% yaitu 2142,56 kg. Nilai parameter untuk tanpa dan dengan substitusi EVA dan Crumb Rubber yang dihasilkan berupa stabilitas, flow, MQ, density, VIM, VMA, dan VFA masih memenuhi persyaratan spesifikasi Bina Marga tahun 2014. Nilai durabilitas tanpa substitusi yaitu sebesar 92% dengan rendaman air biasa dan 90,8% dengan rendaman kotoran sapi, nilai durabilitas dengan variasi persentase EVA sebesar 97,20% dan Crumb Rubber sebesar 95,40%, dan telah memenuhi spesifikasi yang ditentukan Bina Marga tahun 2014 yaitu ≥ 90%. Berdasarkan pengujian One Way Anova Penambahan EVA dan Crumb rubber dalam campuran aspal berpengaruh terhadap nilai stabilitas pada rendaman kotoran sapi. Kata Kunci : Laston, Rendaman kotoran sapi, Polimer, Limbah Ethylene Vinyl Acetate, Crumb Rubber

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH SUBTITUSI CRUMB RUBBER PADA ASPAL DALAM CAMPURAN LASTON LAPIS AUS (AC-WC) TERHADAP RENDAMAN KOTORAN SAPI (Akbar Raja Amal Husin, 2017)

PENGARUH SUBSTITUSI LIMBAH LOW DENSITY POLYETHYLENE (LDPE) PADA CAMPURAN LASTON LAPIS AUS (AC-WC) TERHADAP RENDAMAN KOTORAN SAPI (RAJIB MUAMMAR, 2017)

PENGARUH SUBSTITUSI LIMBAH ETHYLENE VINYL ACETATE (EVA) PADA CAMPURAN LASTON LAPIS AUS (AC-WC) TERHADAP RENDAMAN AIR LAUT (RIZAL FAHMI, 2016)

UJI DURABILITAS TERHADAP CAMPURAN ASPAL BETON DENGAN SUBTITUSI ETHYLENE VINIYL ACETATE (EVA) MENGGUNAKAN ASPAL PEN. 60/70 YANG DIRENDAM KOTORAN SAPI (Mhd. Farhan Putra Suci Siregar, 2017)

PENGARUH LAMA PERENDAMAN DENGAN AIR LAUT TERHADAP DURABILITAS CAMPURAN LASTON (AC-WC) MENGGUNAKAN SUBSTITUSI LIMBAH ETHYLENE VINYL ACETATE (EVA) (Lathifah Maulida Nazaruddin, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.