//

ANALISIS PENURUNAN PONDASI TAPAK MENGGUNAKAN SOFTWARE PLAXIS (STUDI KASUS DESA ALUE RAMBONG DAN ALUE SIWAH KABUPATEN ACEH TIMUR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IDRIS RAHMADI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Secara garis besar, struktur bangunan dibagi menjadi dua bagian utama, yaitu struktur bangunan didalam tanah dan struktur bangunan di atas tanah. Struktur bangunan di dalam tanah sering disebut struktur bawah, sedangkan struktur bangunan di atas sering disebut struktur atas. Struktur bawah dari suatu bangunan lazim disebut pondasi, yang bertugas memikul bangunan di atasnya. Seluruh muatan (beban) dari bangunan, termasuk beban-beban yang bekerja pada bangunan maupun berat dari pondasi itu sendiri.Tugas Akhir ini bertujuan untuk menganalisa penurunan pada pondasi dangkal (pondasi tapak) dengan dimensi pondasi yang telah ditentukan menggunakan software plaxis.Tujuan dari analisis keamanan dan penurunan pondasi ini adalah untuk mengetahui angka penurunan pondasi tapak. Umumnya penurunan pondasi tidak boleh lebih besar dari 1 inch atau 2,54 cm. Analisis ini dilakukan menggunakan metode elemen hingga dengan bantuan plaxis. Analisis ini menggunakan pondasi tapak dengan dimensi 1,5 x 1,5 meter dengan kedalaman masing-masing 1,5 m; 2 m; 2,5 m; dan 3 m.Berdasarkan perhitungan yang dilakukan pada titik uji Alue Rambong dan Alue Siwah menggunakan software plaxis diperoleh penurunan masing mengalami penurunan sebesar 0,789 cm; 0,630 cm; 0,567 cm; 0,396 cm dan pada tirik uji Alue Siwah masing-masing mengalami penurunan sebesar 0,373 cm; 0,363 cm; 0,351 cm; dan 0,341 cm dengan kedalaman yang sama yaitu 1,5; 2; 2,5; dan 3 m. Dari angka penurunan yang kita peroleh dapat kita simpulkan bahwa semakin tinggi angka kedalaman sebuah pondasi maka semakin kecil angka penurunan yang terjadi. Kata kunci : Pondasi Tapak, Penurunan, Plaxis.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN PERKUATAN LANTAI DAN GELAGAR JEMBATAN (STUDI KASUS JEMBATAN LHOK AWE INCIEN DAN JEMBATAN ALUE RAMBONG 1 ACEH BESAR) (Dian Edi Syah Putra, 2016)

ANALISIS KELAYAKAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI TEMBAKAU DI DESA MEURANDEH ALUE KECAMATAN BANDAR DUA KABUPATEN PIDIE JAYA (Bustami, 2014)

ANALISIS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA NELAYAN DI DESA ALUE NAGA KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (Reza Kurniaty, 2015)

TINJAUAN PERENCANAAN PONDASI TIANG PANCANG PADA PELABUHAN INTERNATIONAL HUB PORT SABANG DENGAN METODE TOMLINSON-BROMS DAN PROGRAM PLAXIS (Yusrizal Muhiddin, 2015)

FUNGSI BADAN PERMUSYAWARATAN DESA DALAM MENYUSUN PERATURAN DESA (STUDI KASUS DI DESA ALUE BILIE KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA) (Rizwan, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy