Search :

Advance


EVALUASI KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX ( STUDI KASUS RUAS JALAN KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ADE REZA DUANA - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Prasarana jalan yang terbebani oleh volume lalu lintas yang tinggi dan berulang-ulang akan menyebabkan terjadi penurunan kualitas jalan sehingga akan berdampak kepada kinerja jalan. Tujuan dilakukan penelitian jalan ini yaitu mendapatkan informasi tentang persentase kerusakan Jalan Kecamatan Montasik sekarang ini sehingga dapat dilakukan perbaikan atau pemeliharaan secepatnya untuk kenyamanan dan keamanan masyarakat pengguna jalan. Pengamatan yang dilakukan dari Bundaran Mata Ie sampai Simpang Bak Cirih Kecamatan Montasik dengan panjang ruas jalan 1,6 km menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dengan membagi jalan menjadi beberapa STA yaitu tiap 100 m. Kemudian tiap STA jalan dilakukan pengamatan secara visual, pengukuran untuk mengidentifikasi jenis kerusakan dan dilakukan pengamatan volume lalu-lintas. Dalam metode PCI tingkat keparahan kerusakan perkerasan merupakan fungsi dari 3 faktor utama yaitu: tipe, tingkat keparahan, dan jumlah. kerusakan pada ruas Jalan Kecamatan Montasik adalah adalah retak pinggiran 244,85 m², retak memanjang 226,48 m², tambalan 22,70 m², lubang 108,62 m², amblas 105,48 m², pengausan 48 m², dan retak kulit buaya 29,95 m². Nilai PCI rata-rata pada ruas jalan tersebut yaitu 43,54 dengan kondisi sedang (fair) sehingga alternatif jenis pemeliharaan yang sesuai adalah program tambalan (patching) dan dilapisi ulang (overlay). Tindakan perbaikan dengan memberikan lapisan tambahan (overlay) pada perkerasan jalan yang berfungsi untuk menerima beban lalu-lintas dan menyebarkannya ke lapisan di bawahnya, kemudian diteruskan ke tanah dasar. Untuk mempertahankan kinerja perkerasan jalan, diperlukan beberapa tindakan perbaikan kerusakan, baik berupa pemeliharaan rutin setiap tahun maupun pemeliharaan berkala setiap 2 atau 3 tahun sekali. Kata Kunci : lalu-lintas, Metode PCI, Penangan jalan, Kerusakan jalan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KONDISI PERKERASAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) SERTA ALTERNATIF PENANGANANNYA (STUDI KASUS RUAS JALAN BEUREUNUEN – BATAS KEUMALA) (YUSWARDI RAMLI, 2017)

EVALUASI KERUSAKAN PERMUKAAN JALAN MENURUT METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI)(STUDI KASUS: RUAS JALAN PANTON LABU – LANGSA – BATAS SUMUT) (Muhammad Efendi, 2015)

ANALISIS PENGARUH KERUSAKAN JALAN TERHADAP KARAKTRISTIK ALIRAN LALU LINTAS (STUDI KASUS: JALAN BLANG BINTANG LAMA DAN JALAN TEUNGKU HASAN DIBAKOI) (INTAN WERNANDA, 2017)

MODEL HUBUNGAN INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) DAN SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) PADA PERKERASAN LENTUR JALAN RAYA (STUDI KASUS PADA JALAN A. M. IBRAHIM LANGSA) (Irza Zeahsa, 2015)

ANALISIS DAMPAK BEBAN BERLEBIH KENDARAAN TERHADAP UMUR RENCANA PERKERASAN JALAN (STUDI KASUS JALAN NASIONAL LINTAS TIMUR ACEH) (Syafriana, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.