Search :

Advance


ANALISIS FAKTOR KEAMANAN DAN PENANGANAN LERENG PADA RUAS JALAN BLANG KEUJEREN - PEURELAK KABUPATEN GAYO LUWES MENGGUNAKAN SOFTWARE PLAXIS

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang T M HASAN BASRI - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Jalan Blang Keujeren – peureulak, Kecamatan Pining, Kabupaten Gayo Luwes, Provinsi Aceh. Jalan tersebut merupakan daerah hutan pinus dengan volume lalulintas rendah. Hujan deras yang sering terjadi telah mengakibatkan ruas jalan Blang Keujeren – Lokop mengalami kelongsoran dan mengikis badan jalan dari 4 m hingga tersisa 3 m. Jalan mengalami kerusakan parah dan sangat memprihatinkan, karena badan jalan yang longsor ini sangat berbahaya bagi pengendara yang melewati jalur tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu dicari solusi yang optimal, sehingga dibutuhkan suatu analisis stabilitas lereng. Tujuan dari analisis stabilitas lereng tersebut adalah untuk memperoleh nilai faktor keamanan (safety factor) yang memenuhi persyaratan keamanan. Umumnya nilai faktor keamanan FK > 1,25 untuk kondisi existing dan FK ≥ 1,5 untuk lereng dengan perkuatan. Analisis ini dilakukan dengan menggunakan Metode Elemen Hingga dengan bantuan program plaxis. Analisis stabilitas lereng dilakukan pada kondisi lereng eksisting dan lereng dengan menggunakan perkuatan secant pile dengan diameter 0.620 m dengan jarak 0.537 m. Berdasarkan perhitungan pada ruas jalan lintasan Blang Keujeren – pereulak di STA.0+225 dan STA.0+250 di dapatkan nilai faktor keamanan masing-masing sebesar 1,086 dan 1,152 pada kondisi existing, hal ini menunjukan bahwa dengan adanya jalan raya pada permukaan lereng merupakan beban terhadap lereng, yang akan mempercepat proses terjadinya kelongsoran, sehingga perlu dilakukan usaha perkuatan lereng menggunakan secant pile. Jenis perkuatan secant pile terbukti mampu menjaga kestabilan lereng. Setelah dilakukan alternatif perkuatan dengan pemasangan dinding penahan tanah dengan mengunakan secant pile mampu memperoleh faktor keamanan yang lebih besar yaitu 1,286 dan 1,329. Hasil analisis yang telah dilakukan diharapkan dapat berguna untuk memberikan informasi mengenai metode perkuatan lereng menggunakan secant pile, sehingga bisa dimanfaatkan oleh pihak terkait untuk penanganan longsor. Kata kunci : Stabilitas lereng, faktor keamanan, secant pile, plaxis.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS STABILITAS LERENG DENGAN PERKUATAN GEOGRID PADA RUAS JALAN BANDA ACEH-MEULABOH DI PROVINSI ACEH MENGGUNAKAN SOFTWARE PLAXIS 8.2 (Fuadi Ubaidillah, 2016)

ANALISIS STABILITAS LERENG DENGAN GEOTEKSTIL PADA RUAS JALAN GUNUNG PARO DAN KULU MENGGUNAKAN SOFTWARE PLAXIS 8.2 (Firdausi Nuzula, 2016)

EVALUASI KESTABILAN LERENG PADA TEBING KRUENG TEUNGKU KECAMATAN SEULIMUM KABUPATEN ACEH BESAR MENGGUNAKAN PROGRAM PLAXIS (Maulana Rizkiansyah, 2015)

KAJIAN KESTABILAN LERENG GALIAN TAMBANG TERBUKA BERDASARKAN ASPEK GEOTEKNIK DAN KESELAMATAN KERJA (STUDI KASUS PERTAMBANGAN BATUBARA PT. MIFA BERSAUDARA DI KECAMATAN MEUREBO KABUPATEN ACEH BARAT) (DIAN FEBRIANTI, 2016)

KAJIAN STABILITAS LERENG PADA RUAS JALAN BANDA ACEH - MEULABOH MENGGUNAKAN PROGRAM GEO 5 DAN PENANGGULANGANNYA (Fadhliansyah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.