Search :

Advance


ANALISIS TANAH MENGGUNAKAN METODE ATOMIC ABSORPTION SPECTROPHOTOMETRY (AAS) UNTUK MENGETAHUI PENYEBARAN KADAR MERKURI (HG) DI DESA DATAR LUAS DAN DESA BUNTA KECAMATAN KRUENG SABE KABUPATEN ACEH JAYA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Alfisyahrin - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Pertambangan emas tanpa izin (PETI) di Kecamatan Krueng Sabee, Calang, Aceh Jaya, telah beroperasi sejak tahun 2009 dengan metode pengolahan amalgamasi dan penggunaan Merkuri (Hg) sebagai media pengikat mineral emas yang terkandung di dalam tanah pada proses pengolahan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisa kandungan merkuri pada tanah di dua lokasi pengolahan, yaitu: pengolahan emas tanpa izin yang masih aktif dan juga pengolahan emas yang sudah tidak lagi beroperasi selama ± 6 bulan di Kecamatan Krueng Sabee. Pengujian di laboratorium bertujuan untuk mengetahui kandungan (Hg) pada sampel dengan menggunakan metode AAS (Atomic Absorption Spectometry). Hasil pengujian sampel menunjukkan 6 dari 10 sampel mengandung (Hg) dengan kadar ambang batas yang melebihi ketetapan pemerintah Indonesia yakni 0,01 ppm pada tanah. Nilai kadar tertinggi ditunjukkan pada sampel T – 02 yakni pengolahan sudah tidak lagi beroperasi dan T – 07 pada pengolahan aktif. Hasil akhir kemudian akan di diinterpretasikan dalam bentuk peta gambaran nilai kadar merkuri di kedua pengolahan tersebut.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KADAR BESI DALAM PASIR BESI DI DASAR LAUT DESA LAMPANAH-LEUNGAH, KECAMATAN SEULIMUEM, KABUPATEN ACEH BESAR (ZULKIRAM, 2013)

ANALISIS TANAH MENGGUNAKAN METODE ATOMIC ABSORPTION SPECTROPHOTOMETRY (AAS) UNTUK MENGETAHUI PENYEBARAN KADAR MERKURI (HG) DI DESA DATAR LUAS DAN DESA BUNTA KECAMATAN KRUENG SABE KABUPATEN ACEH JAYA (Alfisyahrin, 2017)

DISTRIBUSI KANDUNGAN MERKURI DI DAS KRUENG SIKULAT KECAMATAN SAWANG ACEH SELATAN (RISMAYATI, 2016)

KANDUNGAN MERKURI PADA TUMBUHAN PAKU SAYUR (DIPLAZIUM ESCULENTUM) DI KAWASAN KRUENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA (Munawir Annasri, 2016)

PENGARUH LIMBAH PENGGILINGAN BIJIH EMAS TERHADAP STRUKTUR MIKROSKOPIS HATI IKAN SEURUKAN (OSTEOCHILUS VITTATUS) DARI SUNGAI KRUENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA (Intan Wulan Okavia R., 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.